kumplus bek 23 mahfud ikhwan

Lapangan Besar dan Kartu Nama Mungil (23)

Novelis yang mencintai sepak bola dan film India. Pemenang pertama Sayembara Novel DKJ 2014 dan Kusala Sastra Khatulistiwa 2017. Ia menulis novel Ulid; Kambing dan Hujan; Dawuk. Novel terbarunya adalah Anwar Tohari Mencari Mati (Marjin Kiri, 2021).
18 Juli 2021 22:14
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Aku hanya akan mengatakan hal-hal baik tentang SMP-ku, sekolah yang kumasuki karena aku tak mau diberangkatkan ke pesantren sementara adik-adikku kehilangan kakak (setelah emak dan bapak) di rumah, tentang tiga tahun awal usia belasan yang sering terlewat dalam ingatan karena begitu datar dan tak penting, tentang guruku-guruku (dengan segala hormatku untuk mereka) yang lelah dan kuyu dan malang dan sering uring-uringan karena harus mengajar di beberapa sekolah lain secara bersamaan atau mengampu lebih dari satu mata pelajara agar bisa tetap mengajar dan tak mesti merantau seperti bapakku. Dan satu-satunya cara untuk itu adalah dengan tidak berpanjang-panjang membicarakannya.
Kecuali… sedikit soal sepak bola.
Sekolah itu tak punya perpustakaan, kakus, dan banyak hal lain yang sepatutnya dimiliki sebuah sekolah, tapi setidaknya ia memiliki sedikit peralatan olahraga: tiga batang lembing, dua bola besi, dua cakram, satu bola voli, dan dua bola sepak. Yang terpenting, di samping gedung sekolah itu terdapat lapangan sepak bola terluas sekecamatan. Dan yang lebih penting lagi, aku dan teman-teman sekolahku memiliki waktu melimpah untuk memanfaatkan apa-apa yang kami punya.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparan+
Isnan, tokoh utama novel Mahfud Ikhwan ini, pulang ke desanya dan mendapati semua telah berubah, termasuk sepak bola yang dicintainya. Ikuti babak demi babak yang terbit tiap akhir pekan. Klik ceritanya pada daftar konten.