kumplus bek 28 mahfud ikhwan
22 Agustus 2021 22:46
·
waktu baca 8 menit

Lerok F.A. (28)

Nasution tak bersama kami lagi pada Agustusan tahun berikutnya. Ia balik ke Malaysia bareng istrinya, dan konon tak seberapa lama kemudian mereka sudah tak bersama lagi—seperti kisah yang sudah-sudah. Dan Nasution, sebagaimana juga Mbak Ninik dan beberapa orang manca yang pernah berada di antara kami, tak pernah muncul kembali. Untuk seterusnya.
Nasution sangat disukai di Lerok, dan orang masih terus membicarakannya lama setelah ia pergi dan menghilang. Bukan hanya berkat dua golnya, kaki kidal dan lari miringnya, dan satu-satunya kemenangan yang kami raih bersamanya, tetapi karena hal-hal yang kemudian ditimbulkan oleh kehadirannya, atau bahkan setelah kepergiannya. Ia membuat sepak bola, lebih khusus lagi Perserok, kembali dibicarakan secara riuh dalam percakapan sehari-hari di kampung kami. Ia mengingatkan orang akan masa-masa menyenangkan sepak bola kami, meski tanpa kejayaan, pada era ‘80an.
Bapak, sebelum keberangkatannya kembali ke Malaysia, terusik oleh cerita yang sulit dipastikan kejelasannya tentang hubungan Nasution dan Nasrul Koto. Itu mengembalikan ingatannya kepada masa-masa mesranya dengan sepakbola, dengan nama-nama pemain, dengan macam-macam cerita. Ia membongkar-bongkar ingatannya tentang para pemain asal Medan yang memang hebat-hebat atau pemain-pemain yang punya nama Batak, khususnya yang bernama akhir Nasution, dan setelah menemukan beberapa nama, ia memikirkan kemungkinan-kemungkinan, bahkan beberapa teori “bisa jadi”. Dan untuk beberapa waktu panggilan Pak Tarmidi Warna Agung kembali menggaung.
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Isnan, tokoh utama novel Mahfud Ikhwan ini, pulang ke desanya dan mendapati semua telah berubah, termasuk sepak bola yang dicintainya. Ikuti babak demi babak yang terbit tiap akhir pekan. Klik ceritanya pada daftar konten.