kumparan
9 Des 2018 9:15 WIB

6100 Tenaga Kerja di Makassar Bakal Disertifikasi

(Kepala Disnaker Makassar, Andi Irwan Bangsawan). Makassar -- Sebanyak 6100 tenaga kerja bakal mendapat sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Makassar di tahun 2019 mendatang. Dimana pada sertifikasi ini dilakukan bentuk kerjasama antara Disnaker Makassar dengan Skill Development Center (SDC).
ADVERTISEMENT
Kerjasama Disnaker dengan SDC ini menyasar tenaga kerja di perusahaan ritel, jasa perhotelan, pariwisata, kelautan dan konstruksi.
"Jadi ada 5600 orang yang kita sertifikasi itu dari APBN. Kalau dari kita sendiri melalui APBD itu ada 500 orang,"ujar Kepala Disnaker Makassar, Andi Irwan Bangsawan.
Pemberian sertifikasi ini menurut Andi Irwan Bangsawan sebagai upaya melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas sehingga bisa bersaing dalam dunia kerja.
Untuk diketahui jika Disnaker sudah melakukannya sejak 2 tahun lalu, dimana secara berkelanjutan sehingga seluruh tenaga kerja profesi di Makassar bisa mendapatkan sertifikat keahlian.
Ia juga mengatakan jika pada perusahaan memang diwajibkan karyawannya atau pekerja yang berkualitas. Itu dibuktikan melalui sertifikasi yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
ADVERTISEMENT
"Jadi mungkin ada pekerja yang berpengalaman, sudah berapa tahun dibidangnya tapi ketika pindah misalnya keluar negeri dan tidak memiliki sertifikat maka mereka bisa jadi dapat tempat yang tidak sesuai," jelasnya.
Nantinya untuk mendapatkan sertifikat dari BNSP, setiap tenaga kerja wajib mendaftarkan diri ke Kantor Disnaker Makassar, Jalan AP Pettarani, untuk diusul ke BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan