kumparan
KONTEN PUBLISHER
9 Desember 2019 15:49

Demo Hari Anti Korupsi, Ketua BEM Unibos Makassar Ditahan Polisi

Demo.jpg
Ketua BEM Unibos, Ewaldo Azis saat diamankan pihak kepolisian saat menggelar aksi demo di Flyover Makassar, Senin (9/12).
Makassar -- Aksi unjukrasa terkait hari anti korupsi internasional yang digelar sejumlah mahasiswa dari Kampus Universitas Bosowa (Unibos) Makassar berlangsung bentrok dengan pihak kepolisian, Senin siang, (9/12).
ADVERTISEMENT
Bentrokan terjadi saat para mahasiswa melakukan aksinya di flyover Pettarani, kota Makassar. Aksi yang digelar sejak pukul 13:00 Wita membuat perempatan jalan di Urip Sumoharjo macet total.
Selama sejam berorasi, Mahasiswa menyampaikan aspirasinya terkait kasus korupsi yang mandek saat ini yang ditangani pihak Kejaksaan Tinggi Sulsel. Sebelumnya para mahasiswa menggelar aksinya di Kejati, namun karena sudah ramai pendemo lainnya sehingga massa dari Mahasiswa Unibos bergeser ke Flyover.
Saat berunjukrasa di Flyover, bentrokan terjadi antara massa dari Mahasiswa Unibos dengan aparat kepolisian. Dimana saat salahsatu demonstran ingin melontarkan aspirasinya namun di halangi oleh pihak kepolisian, karena polisi beranggapan bisa mengakibatkan kemacetan.
Selain dari pantauan Makassar Indeks, sempat juga terjadi tarik-menarik ban antara demonstran dan pihak kepolisian saat sejumlah mahasiswa ingin membakar ban tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut Andi Muh Sahib, salahsatu demonstran mengatakan, ada kesalahpahaman antara pihak kepolisian dengan kami, kami hanya ingin berorasi sebentar saja di flyover tapi dihalangi pihak kepolisian.
"Awalnya kita itu berunjukrasa didepan Kejati Sulsel, tapi karena tidak cukup panggung disana, akhirnya kita buat kesepakatan untuk pindah ke bawah flyover untuk orasi sekitar 10 sampai 20 menit. Tapi belum cukup 10 menit kita sudah di suruh bergeser, tapi teman saya juga tetap bersikukuh untuk tetap orasi disitu, nah disitu terjadilah saling cekcok dan berakhir ricuh," ujar Andi Muh Sahib.
Andi Muh Sahib menambahkan jika memang sempat terjadi tarik-menarik ban antara kami dengan pihak kepolisian, "Mungkin dikira kita mau bakar ban padahal tidak, kita tidak bawa bensin," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Dikabarkan jika Ketua BEM Unibos Fakultas Hukum, Ewaldo Azis ditahan pihak kepolisian, dimana ia diduga melakukan aksinya dengan menutup jalan perempatan di Flyover Pettarani-Urip Sumoharjo Makassar.
Terpisah dengan Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko mengatakan, para demonstran menggangu pengguna jalan dan mengakibatkan ketertiban lalu lintas terganggu.
"Bisa demo, asalkan jaga ketertiban, Soal ban bekas tadi kita mengamankan jangan sampai ada tindakan yang tidak pantas dilakukan saat demo," pungkas AKBP Indratmoko.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan