kumparan
22 Desember 2018 11:44

Fasilitas Lengkap untuk Mahasiswa, JK Groundbreaking Infrastruktur UIM

Makassar -- Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla menghadiri Groundbreaking pembangunan Infrastruktur Universitas Islam Makassar di Kampus UIM, Sabtu (22/12).
ADVERTISEMENT
JK didampingi oleh Menteri Riset dan Teknologi Mohammad Nasir, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Rektor UIM Majdah Agus Arifin Nu'mang, Ketua MUI Sulsel AGH Sanusi Baco, Forkopimda Sulsel dan civitas akademika UIM dan pengurus Nahdhatul Ulama Sulsel menekan tombol sebagai tanda dimulainya Groundbreaking atau pemancangan tiang pertama pembangunan proyek tersebut.
Pembangunan infrastruktur UIM 2018-2028 sendiri dilatarbelakangi kesadaran belum adanya lembaga pendidikan tinggi di Indonesia Timur yang memberikan perhatian khusus pada kajian dan pengembangan peradaban Islam.
Baik di lingkungan Perguruan Tinggi Agama (PTA) maupun Perguruan Tinggi Umum (PTU), dengan kata lain, kajian Integrasi Sains dan Al-Quran yang berkearifan lokal secara akademis belum mendapatkan prioritas.
Sementara di sisi lain Indonesia membutuhkan Perguruan Tinggi Islam unggulan yang mampu mengemban sejumlah misi strategis.
ADVERTISEMENT
Pertama, Kampus yang mengintegrasikan Sains dan Al-Quran. Kedua, menjadi pusat Kebudayaan dan Peradaban Islam yang modern, toleran, berdasarkan faham Ahlussunnah wal Jamaah.
Oleh karena itu, pendirian UIM dirancang sedemikian rupa agar mampu memberikan kontribusi strategis pada Perguruan Tinggi Islam yang ada di Kawasan Indonesia Timur.
Nantinya bangunan tersebut akan dilengkapi sejumlah fasilitas diantaranya sarana ibadah seperti masjid dengan kapasitas 2000 orang, pusat kegiatan mahasiswa, sarana olahraga, studio radio televisi hingga asrama mahasiswa dan aula yang memiliki kapasitas 3000 orang.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan