kumparan
16 Apr 2019 12:16 WIB

Harga Bawang Merah di Pasar Terong Makassar Naik 2 Kali Lipat

Bawang Merah (Ilt)
Makassar -- Jelang pemilihan umum 2019, harga komoditi di pasar tradisional kota Makassar melambung tinggi. Dimana dari pantauan Makassar Indeks di Pasar Terong Makassar mendapati harga Bawang Merah naik hingga dua kali lipat.
ADVERTISEMENT
Bawang merah yang sebelumnya kisaran Rp 15 Ribu perkilo gram, justru naik hingga Rp 30 Ribu perkilo gramnya. Hal ini terjadi sejak tiga hari yang lalu. Dimana salahsatu pedagang di pasar tradisional Terong mengakui hal tersebut.
Mariah (52) salahsatu pedagang di pasar terong mengaku jika harga Bawang Merah naik dua kali lipat dari harga sebelumnya, begitu juga dengan bawang putih.
"Bawang merah dan putih sudah naik pak, ini saja bawang merah sudah Rp 30 ribu perkilo gramnya. Kalau bawang putih Rp 36 ribu per kilogram , kalau bawang Bima Rp 35 ribu per kilogram. Ini dari sana, dari pusatnya, pasokan kurang sekali, ndak tahu kenapa pak," ujar Mariah, Selasa (16/4).
ADVERTISEMENT
Mariah belum tahu persis mengapa harga naik, namun ia menduga jika kenaikan harga bawang ini terkait Pemilu. "Mungkin mau pemilu ini, Karena kemarin harganya stabil Rp 15 Ribu ji perkilo " ucapnya.
Sementara itu, saat ditemui Makassar Indeks, salahsatu pembeli di pasar Terong yakni Risda (40) mengatakan jika tidak hanya bawang, sempat ia membeli telur dan lainnya juga naik, namun tidak terlalu tinggi harganya. Namun ia mendapati harga bawang sudah mahal harganya.
"Kalau harga ini terlalu tinggi, biasanya saya beli Rp 15 Ribu perkilo kemarin, saya kaget juga jadi beli saja" jelas Risda kepada Makassar Indeks.
Namun harga sayuran terpantau masih normal, yaitu wortel seharga Rp 12 ribu per kg, timun Rp 8 ribu per kg, dan kacang panjang di kisaran Rp 10 ribu per kg. Harga cabai merah, rawit, dan hijau juga stabil yakni Rp 30 ribu per kg.
ADVERTISEMENT
Risda menambahkan jika saat membeli di psara Terong harga sayuran dan cabai masih stabil, kecuali bawang merah dan putih di kisaran harga Rp 30 ribu per kg.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan