kumparan
14 Apr 2019 13:08 WIB

KPU Makassar Sosialisasi Gunakan Alat Bantu Penyandang Disabilitas

KPU Makassar bantu penyandang disabilitas untuk menggunakan alat bantu dalam mencoblos saat Pemilu (Makassar Indeks).
Makassar -- KPU Kota Makassar bersama relasi basis penyandang disabilitas menggelar sosialisasi penggunaan template (alat bantu disabilitas netra) untuk memilih, Makassar (13/4) kemarin.
ADVERTISEMENT
Dalam sosialisasinya Komisioner KPU Makassar Endang Sari mengatakan, peserta sangat antusias, terhadap sosialisasi ini. Sebagian peserta adalah penyandang disabilitas yang baru pertama kali menggunakan alat bantu template dalam ukuran yang besar, sebelumnya mereka terbiasa menggunakan template pada Pilkada.
"Layout tulisan braille dan kotak coblos merupakan hal yang baru bagi mereka. Para peserta sangat antusias dengan template, mereka harus bergantian karena KPU hanya membawa satu spesimen template," ujar Endang Sari, Minggu (14/4).
Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan dengar bareng debat Pilpres, hal tersebut sebagian dari pendidikan politik bagi penyandang disabilitas agar dapat memahami visi misi para calon presiden.
Para penyadang disabilitas berharap penyelanggaraan pemilu kedepannya harus menggunakan template untuk semua jenis surat suara. Mereka sebenarnya kurang puas dengan kondisi yang ada saat ini karena untuk 3 surat suara DPRD kota, provinsi, dan pusat mereka harus memakai pendamping.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan