kumparan
17 Sep 2019 10:12 WIB

TPA Antang Terbakar, Makassar dan Gowa Diselimuti Kabut Asap Berbau

TPA Antang saat terjadi kebakaran. (Makassar Indeks)
Makassar -- Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Kota Makassar, Minggu (15/9), masih menyisakan asap di langit Kota 'Anging Mammiri' hingga Selasa (17/9).
ADVERTISEMENT
Pantauan Makassar Indeks, pagi ini Kota Makassar hingga di wilayah perbatasan antara Kota Makassar dan Kabupaten Gowa di Jalan Tun Abdul Razak Hertasning, masih berkabut.
Kabut asap kebakaran dari TPA Antang menyebar hingga ke Jalan Poros Hertasning Makassar menuju Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa. (Makassar Indeks)
Abdul Samad, salah seorang petugas kebakaran, mengaku dirinya dan tim telah menyelesaikan pemadaman di beberapa titik api, namun tiba-tiba bara api muncul lagi dan kembali menyulut titik api.
Ia pun bersama beberapa rekannya mengaku kesulitan memadamkan api tersebut. Karena tumpukan sampah yang terbakar itu telah menjadi gas etanol. Akibatnya, asap yang membubung ke langit pun mengeluarkan bau tak sedap.
Jalan AP Pettarani Makassar diselimuti asap sisa kebakaran di TPA Antang Makassar. (Makassar Indeks)
“Jadi, susah kalau hanya mengandalkan air dari pemadam kebakaran. Tadi malam, ada satu kubangan air sudah penuh air, tetapi api tetap menyala di atas air, itu karena pengaruh gas,” kata Abdul Samad.
ADVERTISEMENT
Sejak kebakaran di TPA Antang tersebut, marak imbauan kepada warga untuk mengenakan masker penutup mulut dan hidung. Karena dikhawatirkan zat kimia beracun yang bercampur dengan kabut asap itu yang dapat membahayakan kesehatan.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan