5 Sunscreen untuk Anak dengan Perlindungan Optimal

Konten dari Pengguna
26 Januari 2024 8:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sunscreen Stick. Foto: Maria Rom/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sunscreen Stick. Foto: Maria Rom/shutterstock
ADVERTISEMENT
Memilih suncreen untuk anak tidak boleh sembarangan. Para ibu harus mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya untuk memastikan suncreen tersebut aman bagi kulit si kecil.
ADVERTISEMENT
Usahakan cari sunscreen dengan SPF maksimal agar bisa melindungi kulit si kecil dari paparan sinar matahari. Kemudian, pertimbangkan pula bahan yang aman untuk kulit sensitif agar tidak menimbulkan reaksi alergi dan iritasi.
Untuk faktor kenyamanan, pilihlah sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan mudah menyerap. Sunscreen berbentuk lotion biasanya lebih mudah diaplikasikan dan tidak meninggalkan residu putih (whitecast).
Sebenarnya ada banyak merek sunscreen lokal dan luar negeri yang bisa dipilih. Apa saja? Simak rekomendasinya dalam artikel berikut ini.

Rekomendasi Sunscreen untuk Anak

Ilustrasi bayi pakai sunscreen. Foto: Onjira Leibe/Shutterstock
Manfaat sunscreen bisa dirasakan jika tata cara pengaplikasiannya benar. Mengutip buku A-Z tentang Kosmetik susunan Dewi Muliyawan (2013), suncreen terbukti mampu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet sinar matahari dan mencegah kulit terbakar.
ADVERTISEMENT
Khusus sunscreen untuk anak biasanya dilengkapi bahan-bahan yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Tujuannya agar kulit anak tidak menunjukkan gejala gatal-gatal, kemerahan, dan iritasi. Berikut rekomendasi produknya yang bisa Anda simak:

1. Expert Care Physical Sunscreen

Expert Care Physical Sunscreen
Suncreen ini mengandung SPF 50 PA++. Menurut klaimnya, Expert Care Physcal Suncreen dapat melindungi kulit secara optimal menggunakan teknologi tabir surya fisik.
Produk ini juga mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang efektif untuk menghalau sinar UVB dan UVA. Dengan SPF 50 PA++, produk ini dapat mencegah kulit anak terbakar dan mengalami kerusakan akibat sinar matahari.

2. Sunplay Baby Mild Gentle Protection

Sunplay Baby Mild Gentle Protection
Sunplay Baby Mild Gentle Protection dirancang khusus untuk melindungi kulit sensitif bayi dan anak-anak dari sinar matahari. Dengan formula lembut dan hypoallergenic, produk ini memberikan perlindungan tinggi terhadap sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar.
ADVERTISEMENT
Produk ini juga diklaim tahan air, sehingga aman untuk digunakan anak ketika bermain air. Produk ini dapat membantu melindungi kulit si kecil dari efek buruk akibat paparan sinar matahari.

3. Beeme Honey Sunscreen Lotion with Niacinamide

Beeme Honey Sunscreen Lotion with Niacinamide
Tidak hanya melindungi kulit, Beeme Honey Sunscreen Lotion with Niacinamide SPF 50++ juga memiliki efek mencerahkan. Produk ini aman digunakan untuk bumil, busui, anak-anak, dan bayi usia 6 bulan ke atas. Formulanya mudah meresap, nyaman, dan tidak lengket di kulit.

4. Banana Boat Kids Sensitive Sunscreen Lotion

Banana Boat Kids Sensitive Sunscreen Lotion
Banana Boat Kids Sensitive Sunscreen Lotion SPF 50+ memberikan perlindungan dari sinar matahari UVA dan UVB. Produk ini diperkaya dengan formula ringan tanpa oxybenzone, paraben, tambahan minyak, dan pewangi. Suncreen Banana Boat dirancang khusus untuk kulit anak-anak yang sensitif.

5. Avene VHP Lotion For Children

Avene VHP Lotion For Children
Avene VHP Lotion For Children SPF 50+ PA++++ adalah sunscreen yang diformulasikan untuk kulit anak yang sensitif. Sunscreen ini mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB serta dapat digunakan di seluruh tubuh, termasuk wajah.
ADVERTISEMENT
(MSD)