Mom
·
10 Juni 2021 12:54
·
waktu baca 3 menit

Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Paling Mudah dan Akurat

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Paling Mudah dan Akurat (303219)
searchPerbesar
Ilustrasi Cara Menghitung Usia Kehamilan. Foto: Freepik
Cara menghitung usia kehamilan ternyata beragam, Ma. Ada yang memanfaatkan hitungan sederhana, ada juga yang memerlukan bantuan alat medis. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Kalau Mama saat hamil terbiasa menghitung usia kehamilan sendiri karena ada catatan hari pertama haid terakhir (HPHT) di dalam kalender khusus yang Mama sediakan. Untuk tahu hasil yang akurat, Mama melakukan USG sekaligus berkonsultasi terkait kesehatan janin.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk Mama-Mama yang masih bingung, berikut beberapa cara menghitung usia kehamilan yang bisa Mama pertimbangkan.

2 Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Paling Mudah dan Akurat

1. Metode Kalender
Cara menghitung usia kehamilan yang paling mudah adalah melakukan perhitungan sendiri dengan tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT). Cara ini sering dikenal dengan metode kalender.
Berdasarkan info yang Mama temui di laman Healthline, di sana disebutkan kalau kehamilan itu rata-rata berlangsung sekitar 280 hari atau jika dihitung menggunakan satuan minggu, durasinya bisa mencapai kisaran 40 minggu. Catatan terkait hari pertama haid terakhir (HPHT) menjadi hal yang diperlukan jika Mama-Mama ingin menghitung sendiri usia kehamilan. Selain usia kehamilan, Mama-Mama juga bisa menghitung hari kelahiran bayi, lho.
Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Paling Mudah dan Akurat (303220)
searchPerbesar
Ilustrasi Ibu Hamil Menghitung Usia Kehamilan. Foto: Freepik
Jika ingat hari pertama haid terakhir (HPHT), Mama-Mama bisa memperkirakan hari kelahiran dengan menghitungnya melalui rumus. Rumus satu itu dikenal dengan nama rumus Naegele. Caranya dijamin gampang banget kok. Mama-Mama hanya perlu mengikuti rumus di bawah ini. Perhatikan contoh berikut ini ya, Ma.
ADVERTISEMENT
Contoh Perhitungan Usia Kehamilan
Ibu Arini diketahui hari pertama haid terakhirnya jatuh pada tanggal 10 Mei 2021. Cara menghitung perkiraan lahir bayinya adalah sebagai berikut.

HPHT + 7 Hari = 10 Mei 2021 + 7 Hari= 17 Mei 2021

(HPHT + 7 Hari) – 3 Bulan = 17 Mei 2021 – 3 Bulan = 17 Februari 2021

Hari Perkiraan Lahir = 17 Februari 2022

Nah gampang kan, Ma? Tapi, Mama-Mama juga harus tahu kalau rumus ini akan paling efektif digunakan jika siklus menstruasi Mama-Mama adalah 28 hari.
Selanjutnya, bagaimana nih Ma kalau tanggal HPHT kita enggak bisa dikurangi 3 bulan? Jawabannya enggak kalah gampang, Ma. Kita bisa mengikuti cara perhitungan yang lain, yaitu hanya perlu menambahkan 7 hari setelah HPHT dan dilanjutkan dengan menambahkan hasil penjumlahan tersebut dengan 9 bulan.
Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Paling Mudah dan Akurat (303221)
searchPerbesar
Ilustrasi Kalender Menghitung Usia Kehamilan. Foto: Freepik
Biar Mama makin paham, bisa langsung perhatikan contoh berikutnya.
ADVERTISEMENT
Ibu Wina mengetahui bahwa hari pertama haid terakhirnya (HPHT) adalah 6 Februari 2021. Cara menghitung HPL-nya adalah sebagai berikut.

HPHT + 7 Hari = 6 Februari 2021 + 7 Hari = 13 Februari 2021

(HPHT + 7 Hari) + 9 Bulan = 13 Februari 2021 + 9 Bulan = 13 November 2021

Dari perhitungan di atas, kita bisa memprediksi bahwa HPL Ibu Wina jatuh pada tanggal 13 November 2021.
2. Melakukan USG
USG menjadi metode penghitung usia kehamilan yang paling akurat lho Ma, bahkan persentasenya mencapai 95 persen. Pemeriksaan melalui bantuan USG disarankan banget untuk dilakukan pada trimester pertama nih Ma atau saat Mama-Mama merasakan beberapa ciri-ciri kehamilan.
Pemeriksaan kandungan melalui USG dimulai dengan beberapa tahapan. Tahap pertama, setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan, setiap ibu hamil dipersilakan menuju ruang pemeriksaan. Di sana, Mama-Mama diharuskan untuk merebahkan diri di atas tempat tidur yang telah disiapkan. Tahapan kedua adalah dokter mempersiapkan alat USG, lalu mengoleskan gel khusus berbahan dasar air ke area perut panggul Mama-Mama.
ADVERTISEMENT
Jangan khawatir Ma, gelnya enggak akan berbekas kok di kulit kita. Gel itu berperan dalam menggerakkan gelombang suara dengan lebih baik. Tahapan selanjutnya, dokter akan menempelkan alat yang dinamakan transduser ke bagian perut Mama-Mama. Transduser berfungsi untuk menangkap gambar berwarna hitam putih yang ditampilkan di layar ultrasound yang biasanya ada di sisi atas ruang pemeriksaan. Jika sudah selesai, dokter akan memeriksa tingkat kejelasan gambar, lalu menyeka gel yang tersisa.
Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Paling Mudah dan Akurat (303222)
searchPerbesar
Ilustrasi USG Menghitung Usia Kehamilan. Foto: Freepik
Nah, itulah Ma, cara paling mudah dan cara paling akurat yang bisa kamu lakukan untuk menghitung usia kehamilan. Semuanya kembali ke Mama-Mama, mau yang mudah atau yang akurat. Bisa juga seperti Mama, memutuskan untuk melakukan keduanya.
Semoga informasi seadanya di atas bermanfaat ya, Ma.
ADVERTISEMENT
(TMA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020