Mom
·
14 September 2021 9:15
·
waktu baca 4 menit

Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia, Bikin Belajar Lebih Seru!

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia, Bikin Belajar Lebih Seru! (106936)
searchPerbesar
Ilustrasi channel Youtube edukasi anak Indonesia. Foto: Youtube
Untuk kamu yang punya masalah dalam memberikan pelajaran yang menyenangkan bagi si kecil, Mama punya beberapa channel Youtube edukasi anak Indonesia yang bisa kamu coba pertontonkan kepada mereka, lho.
ADVERTISEMENT
Dari pengalaman Mama sendiri, ketika anak-anak sudah mulai bosan menatap buku untuk mempelajari hal baru, memberikan video pembelajaran yang didominasi oleh animasi lucu dan lagu menyenangkan itu ampuh untuk membuatnya lebih semangat belajar.
Jadi, yuk langsung saja disimak beberapa pilihan channel Youtube edukasi anak Indonesia yang bisa bikin si kecil betah belajar!

Rekomendasi Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia

1. Junior Squad Indonesia
Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia, Bikin Belajar Lebih Seru! (106937)
searchPerbesar
Ilustrasi video edukasi dari Junior Squad. Foto: Youtube
Bagi Mama-Mama yang memiliki anak usia dini, channel Youtube Junior Squad Indonesia ini bisa dicoba untuk dipertontonkan kepada mereka.
Melalui video-video yang menyajikan lagu dengan nada yang mudah diingat serta animasi yang lucu, banyak pembelajaran yang akan lebih mudah dimengerti oleh si kecil. Mereka akan diajari mengenal alfabet, kata-kata sederhana, belajar berhitung, bahkan mengetahui beragam benda di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Channel dengan 2,02 juta subscribers ini didesain untuk menstimulasi kecerdasan anak agar lebih mudah mengenali banyak hal di kehidupan sehari-hari serta ikut pula mengembangkan imajinasinya.

2. Little Angel Bahasa Indonesia

Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia, Bikin Belajar Lebih Seru! (106938)
searchPerbesar
Ilustrasi video edukasi dari Little Angel Bahasa Indonesia. Foto: Youtube
Di urutan kedua, Mama punya channel Little Angel Bahasa Indonesia yang menghadirkan beragam lagu dan cerita anak. Keduanya itu dikreasikan ke dalam bentuk animasi berkualitas yang lebih dikhususkan untuk balita, ya.
Seperti kebanyakan video edukasi yang diperuntukkan bagi anak, Little Angel menyajikan pelajaran dalam mengenali benda-benda di sekitar yang dekat dengan kehidupan sehari-hari kita.
Contohnya, ada video yang memperkenalkan beragam jenis kendaraan dengan ciri khasnya masing-masing, berbagai nama buah dan sayur, bahkan ada pula video pembelajaran menarik, seperti belajar memakai baju sendiri, menyikat gigi, hingga bermain bola.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada juga nih Ma pembelajaran tentang moral dari kisah keseharian Baby John. Channel dengan 7,39 juta subscribers ini identik dengan penggunaan kata sederhana dan berulang sehingga lebih mudah untuk dipahami dan diingat oleh si kecil.
3. Lagu Anak Indonesia Balita
Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia, Bikin Belajar Lebih Seru! (106939)
searchPerbesar
Ilustrasi video edukasi dari Lagu Anak Indonesia. Foto: Youtube
Bernyanyi dan menari memang terbilang ampuh membuat anak betah belajar kan, Ma? Apalagi kalau kita ikut bernyanyi dan menari bersama mereka. Lalu, bertepuk tangan ketika mereka aktif bernyanyi dan menggerakkan tubuhnya.
Untuk itu, channel Lagu Anak Indonesia Balita bisa kamu pertontonkan kepada si kecil.
Channel yang satu ini menyediakan beragam pilihan video pembelajaran, seperti mengenali huruf, warna, anggota tubuh, angka, belajar berhitung, belajar menulis huruf, dan mengetahui berbagai benda yang umum ditemukan di keseharian.
ADVERTISEMENT
Lagu Anak Indonesia Balita yang memiliki subscribers sebanyak 6,92 juta ini juga membagikan beberapa video yang berjenis kartun anak dengan cerita yang menarik, seperti video terbaru mereka tentang balap karung.
Karakter hewan yang dapat berbicara dan bernyanyi hingga menari dalam video-videonya juga membuat Lagu Anak Indonesia Balita dapat mengembangkan imajinasi anak.
4. Baby Bus – Cerita & Lagu Anak-anak
Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia, Bikin Belajar Lebih Seru! (106940)
searchPerbesar
Ilustrasi video edukasi dari Baby Bus. Foto: Youtube
Baby Bus – Cerita & Lagu Anak-anak menjadi salah satu channel edukasi yang dikhususkan menyuguhkan beragam materi pembelajaran pendidikan prasekolah yang menyenangkan, Ma.
Mereka mengolah materi-materi ke dalam video animasi yang juga disertai dengan lagu-lagu menyenangkan.
Channel dengan 15,5 juta subscribers ini juga membantu anak untuk berpikir independen, membangun rasa percaya diri, menghormati orang lain, dan menjelajahi dunia.
ADVERTISEMENT
Dalam setiap videonya, banyak cerita menarik yang dihadirkan bersama lagu latar untuk membawa anak mempelajari hal baru, seperti tugas truk pemadam kebakaran, perbedaan rasa kesal dan senang, beragam jenis pekerjaan yang ada di dunia, hingga cara mengobati luka.
Kisah-kisah petualangan yang seru juga enggak luput dari materi video Baby Bus, lho. Contohnya, ada video tentang monster di bawah tanah, serigala jahat, dan ada pula nama-nama jenis dinosaurus yang kuat.
5. Kok Bisa?
Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia, Bikin Belajar Lebih Seru! (106941)
searchPerbesar
Ilustrasi video edukasi dari Kok Bisa?. Foto: Youtube
Untuk Mama-Mama yang punya anak usia sekolah, Kok Bisa? menjadi salah satu channel yang dapat dipertontonkan untuk memberikan mereka pengalaman belajar sains yang inovatif dalam menjawab rasa penasarannya.
Meskipun dalam bentuk video animasi, Kok Bisa? yang sudah punya 2,96 juta subscribers ini menghadirkan banyak pilihan video yang enggak semuanya cocok untuk anak yah, Ma.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Mama sarankan, selektiflah dalam memilihkan video yang sesuai dengan umur anak. Bukan hanya itu, kita juga harus menontonnya terlebih dahulu ya, Ma.
Beberapa video yang menarik untuk dibagikan kepada anak di antaranya adalah “Siapakah Binatang yang Paling Cerdas?”, “Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Dibandingkan Perjalanan Pergi?”, atau “Kenapa Manusia Bisa Ada di Puncak Rantai Makanan?”
Channel Youtube Edukasi Anak Indonesia, Bikin Belajar Lebih Seru! (106942)
searchPerbesar
Ilustrasi video edukasi dari Little Angel. Foto: Youtube
Bagaimana, Ma? Apakah channel-channel di atas sudah pernah Mama ketahui?
Kalau belum, yuk bersiap pilihkan video terbaik untuk si kecil dan jangan lupa, luangkan waktu untuk mendampingi anak saat menonton.
Karena selain menyesuaikan konten dengan umurnya, mendampingi mereka juga dapat mengoptimalkan pemahaman yang diperoleh dari video pembelajaran.
Selamat mencoba membuat anak semakin betah belajar dengan cara yang menyenangkan, ya!
ADVERTISEMENT
(TMA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white