Mom
·
9 Juni 2021 9:31
·
waktu baca 3 menit

Ciri-Ciri Hamil Seminggu yang Sering Diabaikan

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Ciri-Ciri Hamil Seminggu yang Sering Diabaikan (43729)
Ilustrasi Ciri-Ciri Hamil Seminggu. Foto: Freepik
Ciri-ciri hamil seminggu itu beragam lho, Ma. Selain beragam, terkadang juga mencolok banget karena tubuh kita mulai merasakan perubahan. Tapi, ada juga nih Ma, beberapa ciri hamil yang enggak umum diketahui sehingga lebih sering diabaikan sama kita.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pengalaman Mama, Mama waktu hamil anak pertama sempat enggak sadar lagi hamil karena yang Mama rasain cuma gampang ngantuk. Baru setelah telat haid, Mama memeriksa kehamilan lewat bantuan testpack. Benaran dong, Mama melihat dua garis biru di sana.
Nah, supaya enggak kejadian hal yang sama ke Mama-Mama sekalian, sekarang Mama akan menjabarkan ciri-ciri hamil seminggu yang sering diabaikan begitu saja. Jangan sampai kelewatan sedikitpun ya, Ma.

Ciri-Ciri Hamil Seminggu yang Sering Ibu Hamil Abaikan

1. Mudah Merasa Ngantuk
Ciri-Ciri Hamil Seminggu yang Sering Diabaikan (43730)
llustrasi Ibu Hamil Tertidur. Foto: Freepik
Ciri yang satu ini sering diabaikan karena mudah mengantuk itu memang bisa terjadi pada siapa saja. Pastinya, Mama-Mama lebih akan berpikiran kalau rasa kantuk itu disebabkan karena kurang tidur atau kelelahan.
ADVERTISEMENT
Tapi tahu enggak sih, Ma? Ternyata kita bisa mengantuk itu disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh, khususnya keberadaan hormon progesteron yang memicu kantuk.
2. Mudah Lelah
Hampir mirip dengan mudah merasa kantuk, mudah lelah menjadi ciri hamil yang enggak kalah sering diabaikan. Kebanyakan dari Mama-Mama mungkin akan berpikiran tubuh terasa lelah akibat aktivitas yang padat. Ternyata nih Ma, mudah lelah bisa jadi salah satu ciri hamil yang juga disebabkan oleh hormon progesteron.
Ciri-Ciri Hamil Seminggu yang Sering Diabaikan (43731)
Ilustrasi Ibu Hamil Mudah Lelah. Foto: Freepik
Hormon yang satu itu akan membuat terjadinya penurunan tekanan darah dan penurunan gula darah. Kondisi tersebut selanjutnya akan memicu rasa lelah mudah dirasakan oleh tubuh Mama-Mama saat sedang hamil, khususnya di seminggu pertama.
3. Sering Buang Air Kecil
ADVERTISEMENT
Ciri hamil yang sering diabaikan di posisi ketiga adalah sering buang air kecil. Enggak selalu karena kebanyakan minum Ma, ternyata sering buang air kecil termasuk ke dalam ciri hamil seminggu. Kok bisa gitu, ya? Jawabannya adalah terendapnya hormon kehamilan di dalam tubuh ibu hamil. Endapan tersebutlah yang akan dikeluarkan saat buang air kecil.
Jadi jika Mama-Mama jadi lebih sering buang air kecil, bisa banget lho ada kemungkinan Mama-Mama sedang hamil muda.
Ciri-Ciri Hamil Seminggu yang Sering Diabaikan (43732)
Ilustrasi Ibu Hamil Mengalami Mood Swing. Foto: Freepik
4. Mood Swing
Mood swing ikut termasuk ke dalam ciri-ciri hamil yang sering diabaikan nih, Ma. Salah satu penyebab utamanya adalah perubahan suasana hati itu dianggap wajar melanda kaum hawa. Padahal jika dikaitkan dengan masa kehamilan, ciri satu ini disebabkan oleh pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang mendominasi saat Mama-Mama sedang hamil.
ADVERTISEMENT
Kedua hormon itu paling mahir bekerja sama untuk membuat ibu hamil lebih sensitif. Kedua masuk ke dalam aliran darah dan kadang menyebabkan suasana hati ibu hamil berubah-ubah, yang awalnya senang jadi marah-marah atau sebaliknya.
5. Sembelit
Berdasarkan info yang tertulis di laman Healthline, sembelit ternyata dapat menjadi salah satu ciri hamil. Sembelit ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan sehingga berdampak pula pada sistem pencernaan Mama-Mama yang sedang hamil.
Ciri-Ciri Hamil Seminggu yang Sering Diabaikan (43733)
Ilustrasi Ibu Hamil Sembelit. Foto: Freepik
Perubahan hormon pada tubuh ibu hamil akan memperlambat kerja sistem pencernaan. Nah karena itulah, Mama-Mama bisa saja mengalami sembelit.
6. Pusing
Banyak orang yang kerap mengalami pusing kan, Ma? Mungkin, karena itu pula pusing menjadi ciri kehamilan yang sering diabaikan. Pusing dapat menjadi ciri-ciri hamil karena tekanan darah ibu hamil memang cenderung mengalami penurunan saat masa-masa awal kehamilan. Ketika tekanan darah kita menurun nih Ma, rasa pusing tentu saja semakin renta menyerang kita. Apa penyebabnya? Hal itu disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar saat tekanan darah menurun.
Ciri-Ciri Hamil Seminggu yang Sering Diabaikan (43734)
Ilustrasi Ibu Hamil Merasa Pusing. Foto: Freepik
Bagaiman Ma? Dari semua ciri-ciri hamil seminggu yang Mama sebutkan di atas, apakah ada yang sedang Mama alami saat ini? Jika iya, enggak ada salahnya untuk segera memeriksa kehamilan. Semoga ada kabar baik yang menanti ya, Ma!
ADVERTISEMENT
(TMA)