Mom
·
11 Juni 2021 18:48
·
waktu baca 2 menit

Doa Bayi Baru Lahir, Amalkan untuk Kebaikan si Kecil

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Doa Bayi Baru Lahir, Amalkan untuk Kebaikan si Kecil (26379)
Ilustrasi doa bayi baru lahir (Sumber : Freepik)
Membacakan doa bayi baru lahir adalah salah satu bentuk syukur atas lahirnya buah hati. Kelahiran seorang bayi memang pastinya menjadi anugerah yang sangat disyukuri ya, Ma. Doa juga menjadi penting agar kelak kehidupan si kecil senantiasa diberikan keberkahan serta kebahagiaan.
ADVERTISEMENT
Di dalam Islam juga dikatakan bahwa doa dari orang tua kepada anaknya merupakan doa yang mustajab atau doa yang pasti dikabulkan.
Hal ini sesuai dengan hadist dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Tiga doa mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizalimi."
Kebetulan keluarga besar Mama juga lagi mendapatkan kebahagiaan nih. Kemarin ada sepupu Mama yang baru saja melahirkan anak pertamanya.
Buat Mama-Mama yang juga akan menjenguk sanak keluarga, sahabat, maupun kerabat yang baru melahirkan atau bahkan kamu yang kini baru saja memiliki bayi, doa-doa berikut ini bisa kamu panjatkan. Apa sajakah?

Doa Bayi Baru Lahir

1. Doa agar Bayi Menjadi Anak yang Sehat dan Cerdas
ADVERTISEMENT
اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ
Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah
Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat”
2. Doa agar Anak Selalu Diberikan Pemahaman Agama
اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ
Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila
Artinya: “Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat al-Qur’an)"
3. Doa Nabi Ibrahim
Doa Bayi Baru Lahir, Amalkan untuk Kebaikan si Kecil (26380)
Ilustrasi doa bayi baru lahir (Sumber : Freepik)
Doa ini sudah diajarkan sejak zaman Nabi Ibrahim, sebagai penanda bahwa manusia selalu membutuhkan pertolongan Allah Swt. Tujuan lainnya adalah agar anak dijauhkan dari sifat yang sombong dan tetap menjadikan salat sebagai penolongnya.
ADVERTISEMENT
رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ
Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a
Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku"
4. Doa Memohon Dijauhkan dari Godaan Setan
Mama-Mama bisa membacakan surat Ali Imran ayat 36 sebagai doa agar bayi terlindungi dari godaan setan dan dijauhkan dari hal buruk yang dapat menimpanya.
وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
Wa inni u’idzu bika wadzurriyyataha minasysyaithanir rajim
Artinya: “Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.” (Q.S. Ali Imran 3:36)
5. Doa Pembuka Rezeki dan Keberkahan
Doa Bayi Baru Lahir, Amalkan untuk Kebaikan si Kecil (26381)
Ilustrasi doa bayi baru lahir (Sumber : Freepik)
Surat Al Fatihah merupakan surat pertama yang ada di dalam Al Qur’an, yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan. Salah satunya sebagai pembuka jalan rezeki dan pembawa keberkahan.
ADVERTISEMENT
Rezeki tidak melulu soal harta yang banyak, bisa juga di dalamnya adalah kesehatan, lingkungan yang baik, serta ilmu yang bermanfaat.
Kamu bisa membacakan surat Al-Fatihah di telinga kanan bayi yang baru lahir. Kemudian bisa dilanjutkan dengan surat An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas.
Selain memberikan hadiah berupa barang, hadiah doa terkadang malah lebih berarti dan memiliki makna tersendiri ya Ma. Semoga segala doa yang kita panjatkan akan membawa kebaikan dan keberkahan buat kehidupan si kecil kelak.
(AN)