kumparan
Mom21 Februari 2020 12:10

Freezer untuk Simpan ASI, Mending Beli atau Sewa?

Konten kiriman user
ilustrasi asi perah
ilustrasi asi perah Foto: Shutterstock
Mama Rani tadi Whatsapp Mama, dia minta pendapat karena sudah kelebihan ASI dan kulkasnya tambah penuh, jadi Mama Rani mulai merasa butuh freezer ASI.
ADVERTISEMENT
Tapi Mama Rani lagi bingung, mending beli atau sewa aja ya? Untung Mama Rani tanyanya ke Mama, Mama pasti bisa jawab deh. Hehehe..
Memang sih, punya freezer ASI sendiri membuat para mama sekalian nggak perlu menyimpannya campur dengan makanan lain di kulkas. Apalagi seperti cerita Mama Rani kalau ASInya memang lagi melimpah.
Jadi nggak heran kalau kita mulai berpikir untuk punya freezer khusus ASI sendiri. Selain itu, keuntungan dari menyimpan ASI perah di dalam freezer juga membuat ASI bisa lebih tahan lama.
ilustrasi ASI perah
ilustrasi ASI perah Foto: Pixabay
Balik lagi ke pertanyaan mending beli atau sewa, menurut Mama, mau beli atau sewa itu tergantung kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing.
Pertanyaan yang mesti ditanya ke diri sendiri dulu: mau pakai dalam jangka waktu kapan nih? 3 bulan, 6 bulan atau beberapa tahun?
ADVERTISEMENT
Setelah dihitung kira-kira sebenarnya hanya butuh berapa lama, lalu hitung banyaknya produksi ASI setiap hari yang Mama perah, tanyakan juga tempat meletakannya. Apalagi kalau ruangan di rumah yang relatif sempit, barulah kita bisa memutuskan.
Harga freezer bila ingin beli lumayan, Moms. Untuk sewa dalam jangka waktu tertentu pun relatif murah. Kalau Anda merasa lebih cocok dan hemat dengan menyewa, tidak masalah juga kan?
Untuk penyewaan freezer ASI, mulai dari harga Rp 150 ribuan. Sementara kalau beli, harganya juga bervariasi, mulai bisa mulai dari 2 jutaan.
Jadi, gimana Moms? Semua tergantung kebutuhan Anda, mau beli atau sewa, yang penting ASI tetap aman ya, Moms. (R)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan