Mom
·
11 Juni 2021 14:22
·
waktu baca 3 menit

Kewajiban Anak di Sekolah, Pastikan Mereka Paham Ma!

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Kewajiban Anak di Sekolah, Pastikan Mereka Paham Ma! (24286)
Ilustrasi Kewajiban Anak di Sekolah. Foto: Freepik
Sebagai orang tua, kita perlu menjelaskan pad si kecil soal kewajiban anak di sekolah. Apalagi, bila ini adalah kali pertama si kecil masuk ke sekolah formal, Ma.
ADVERTISEMENT
Membahas topik ini bikin Mama ingat sama pengalaman anak pertama Mama saat dia mau masuk sekolah dasar. Saat itu, bukannya Mama yang sibuk mengajarkan dia tentang adab-adab yang baik dalam menjalankan kewajiban sebagai murid, justru dia yang penasaran. Saat itu juga, akhirnya Mama menjabarkan beberapa kewajiban yang harus dia lakukan di sekolah.
Nah Ma, karena sebentar lagi tahun ajaran baru tiba, tak ada salahnya untuk menjelaskan ke anak kita soal kewajibannya di sekolah. Apalagi, Mendikbud Nadiem Makarim sudah memberikan lampu hijau untuk sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan di masa pandemi.

Kewajiban-Kewajiban Anak di Sekolah

1. Bersikap Sopan pada Guru
Kewajiban utama anak di sekolah salah satunya adalah bersikap sopan. pada guru. Kita harus mengingatkan anak-anak tentang pentingnya menghormati guru mereka di sekolah, karena guru mengajarkan banyak hal berharga pada si kecil.
ADVERTISEMENT
Mama-Mama juga boleh menceritakan kepada anak bagaimana peran seorang guru bisa membuat banyak anak didiknya menjadi sukses.
Kewajiban Anak di Sekolah, Pastikan Mereka Paham Ma! (24287)
Ilustrasi Anak Belajar di Sekolah. Foto: Freepik
2. Menaati Peraturan Sekolah
Kewajiban selanjutnya yang enggak kalah penting yang harus dilakukan oleh anak kita di sekolah adalah menaati peraturan di sana. Peraturan-peraturan pasti ditujukan untuk hal-hal baik, seperti menjaga ketertiban. Untuk itu, anak-anak kita harus paham bahwa mereka berkewajiban dalam menaati peraturan sekolah untuk suasana di sekolah yang lebih tertib.
3. Mengerjakan Tugas dan Pekerjaan Rumah
Ini kewajiban yang pastinya wajib banget hukumnya, Ma. Anak-anak di sekolah diwajibkan untuk mengerjakan tugas ataupun pekerjaan rumah yang telah diberikan oleh guru. Tugas-tugas tersebut menjadi tolok ukur terhadap keberhasilan proses belajar mereka sekaligus menjadi media untuk meningkatkan pemahaman mereka. Jadi, penting banget buat Mama-Mama untuk memberitahukan kepada anak tentang kewajiban mereka yang satu ini.
ADVERTISEMENT
4. Memelihara Fasilitas Sekolah
Anak-anak kita di sekolah tentunya wajib melaksanakan kewajiban yang satu ini, Ma. Selain mereka berhak menikmati dan mengakses fasilitas sekolah, mereka juga berkewajiban untuk memelihara fasilitas tersebut.
Kewajiban Anak di Sekolah, Pastikan Mereka Paham Ma! (24288)
Ilustrasi Gedung Sekolah. Foto: Freepik
5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
Menjaga kebersihan lingkungan sekolah sebenarnya merupakan kewajiban dari seluruh warga sekolah. Untuk anak-anak, mereka wajib untuk menjaga kebersihan meja belajar dan kursi di kelas dengan enggak meninggalkan bekas coretan. Selain itu, mereka harus membuang sampah pada tempatnya.
Kenapa kewajiban yang satu ini penting banget buat dilakukan, Ma? Jawabannya adalah karena lingkungan sekolah yang bersih akan menciptakan suasana belajar dan mengajar yang nyaman. Bukan hanya itu lho Ma, menjaga kebersihan di sekolah juga berperan penting dalam menjaga kesehatan anak-anak dari gangguan bakteri dan kuman.
ADVERTISEMENT
6. Saling Tolong Menolong dan Berperilaku Baik
Pada poin keenam ini, anak-anak harus banget tahu kalau mereka wajib untuk menolong warga sekolah yang memerlukan bantuan. Bukan menolong memberikan jawaban saat ujian ya, Ma.
Itu dia Ma, 6 kewajiban anak di sekolah yang perlu Mama-Mama sampaikan sebelum mereka resmi jadi anak sekolahan. Sebagai ibu, tentu saja kita juga berkewajiban untuk menjadi guru pertama bagi anak-anak kita.
(TMA)