Mom
·
20 Juli 2021 13:50
·
waktu baca 3 menit

Mainan Anak 2 Tahun, Sesuai Kebutuhan Perkembangan Si Kecil

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Mainan Anak 2 Tahun, Sesuai Kebutuhan Perkembangan Si Kecil (38173)
searchPerbesar
Ilustrasi Mainan Anak 2 Tahun. Foto: Pixabay
Ketika anak berusia 2 tahun dan mulai memasuki masa emas untuk mempelajari banyak hal di sekitarnya, mainan anak 2 tahun menjadi salah satu media pembelajaran yang menarik banget nih Ma.
ADVERTISEMENT
Di masa kanak-kanak bermain adalah cara anak belajar, sehingga kita sebagai orang tua harus selektif dalam membelikan mainan yang bermanfaat ya.
Langkah pertama untuk memaksimalkan kegiatan berbelanja mainan terbaik untuk anak 2 tahun adalah memahami apa saja yah perkembangan yang terjadi secara signifikan di usia tersebut.

Perkembangan Anak 2 Tahun

Mengutip dari laman Kids Health, ternyata banyak banget Ma perkembangan yang muncul ketika anak berusia 2 tahun. Di antaranya Mama rangkumkan dalam poin-poin di bawah ini, ya.
Mainan Anak 2 Tahun, Sesuai Kebutuhan Perkembangan Si Kecil (38174)
searchPerbesar
Ilustrasi Anak 2 Tahun. Foto: Freepik
1. Penerimaan kosakata berkembang pesat.
2. Peningkatan koordinasi mata dan tangan.
3. Mulai memahami permainan peran.
4. Berjalan dengan jauh lebih baik.
5. Memahami kalimat perintah.
6. Dapat menyebutkan banyak bagian tubuh.
7. Dapat mengenali gambar benda-benda yang ia ketahui.
ADVERTISEMENT
Kalau sudah tahu gambaran perkembangan pesat anak di usia 2 tahun itu, kita jadi lebih mudah kan Ma dalam memilih mainan anak terbaik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka?
Untuk lebih memudahkannya, berikut Mama bagikan pula rekomendasi mainan untuk anak usia 2 tahun yang menunjang perkembang mereka.

Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun

1. Mainan Masak-masakan
Mainan Anak 2 Tahun, Sesuai Kebutuhan Perkembangan Si Kecil (38175)
searchPerbesar
Ilustrasi Anak Bermain Masak-masakan. Foto: Freepik
Mainan di urutan pertama yang Mama rekomendasikan adalah mainan masak-masakan. Mainan yang populer ini ternyata bisa mendukung perkembangan anak usia 2 tahun yang mulai meningkat kemampuan koordinasi mata dan tangannya dan mulai bisa memainkan peran.
Dengan beragam peralatan memasak yang disediakan, anak-anak kita akan distimulasi kreativitasnya. Mereka dapat mengimajinasikan menu makanan yang hendak mereka masak dari berbagai alat dan bahan yang tersedia.
ADVERTISEMENT
Dalam satu set mainan masak-masakan yang diperjual-belikan di pasaran itu, biasanya sudah ada peralatan masak dan bahan-bahan makanan seperti sayur, ikan, ayam, dan daging. Dari benda-benda itu, Mama-Mama juga bisa memaksimalkan kemampuan anak dalam menyerap kosakata baru.
Kita bisa ikut bermain, lalu meminta anak untuk membuatkan makanan pesanan. Seraya menunggunya, di sinilah pelajaran bisa dimulai. Tanyakan, bahan apa yang sedang mereka masak. Kalau mereka bingung menjawabnya, berikan penjelasan yang sederhana sehingga pemahaman mereka juga meluas ya, Ma.
2. Buku Menggambar
Mainan Anak 2 Tahun, Sesuai Kebutuhan Perkembangan Si Kecil (38176)
searchPerbesar
Ilustrasi Anak Menggambar. Foto: Freepik
Mainan kedua ini bisa dengan mudah ditemukan, baik di toko online maupun offline, Ma. Biasanya, pilihan buku menggambar difokuskan pada satu topik, seperti buku menulis dan menggambar buah-buahan, binatang, tumbuh-tumbuhan, ataupu berbagai jenis kendaraan.
ADVERTISEMENT
Di saat anak berusia 2 tahun dan mulai mengenali gambar benda-benda di sekitar mereka, mainan satu ini bisa diandalkan untuk mengoptimalkan perkembangan pesat tersebut ya, Ma.
Koordinasi mata dan tangan anak yang juga meningkat dapat memudahkan mereka tertarik untuk menggoreskan pensil dan krayon warna pada buku-buku yang telah kita sediakan. Selanjutnya, perlu diketahui pula bahwa penting bagi orang tua untuk mendampingi anak bermain menulis dan menggambar.
Bantulah mereka untuk memahami lebih baik benda-benda yang sedang mereka gambar, Ma. Enggak lupa juga, berikan pujian dalam setiap karya anak agar mereka merasa dihargai.
3. Bola dan Tiang Basket
Mainan Anak 2 Tahun, Sesuai Kebutuhan Perkembangan Si Kecil (38177)
searchPerbesar
Ilustrasi Mainan Bola Basket. Foto: Tokopedia
Sepaket mainan bola basket yang telah terdiri dari tiang dan bolanya juga bermanfaat yah Ma dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak 2 tahun.
ADVERTISEMENT
Di saat mereka sudah mulai lancar berjalan dan memiliki koordinasi tangan dan mata yang baik, bermain basket enggak hanya menyenangkan tapi juga membugarkan tubuh mereka. Selain itu, mainan ini juga bermanfaat dalam meningkatkan bonding anak dan orang tua.
Pembelajaran berhitung juga bisa diselipkan ketika Mama-Mama membarikan instruksi kepada anak dalam memainkan permainan satu ini. Kapan lagi kan Ma kita bisa memiliki quality time bersama anak yang enggak hanya menyenangkan dan menyehatkan, tapi juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang mereka.
Sekianlah rekomendasi 3 mainan yang dapat mengoptimalkan beragam perkembangan pesat yang terjadi pada anak usia 2 tahun. Semoga segala hal yang Mama bagikan di atas bermanfaat ya, Ma.
Pokoknya, jangan pernah bosan memahami setiap detail perkembangan anak dan memberikan mainan-mainan yang terbaik untuk mereka. Selamat bersenang dengan anak-anak!
ADVERTISEMENT
(TMA)