Mom
·
17 Juli 2021 19:38
·
waktu baca 3 menit

Mainan Anak Perempuan, Menarik dan Mengedukasi

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Mainan Anak Perempuan, Menarik dan Mengedukasi (80369)
searchPerbesar
Ilustrasi mainan anak perempuan (Sumber: Freepik)
Untuk mendukung masa tumbuh kembang putri kecilmu, Mama-Mama bisa nih memberikan mainan anak perempuan. Masa kanak-kanak memang merupakan waktunya bermain untuk si buah hati. Mama-Mama di sini suka menemani anaknya bermain kan?
ADVERTISEMENT
Ada banyak jenis permainan yang diperuntukan buat anak perempuan. Umumnya sih anak perempuan identik dengan bermain boneka atau masak-masakan, tapi ternyata enggak hanya itu saja loh yang bisa mereka mainkan. Apalagi sekarang sudah banyak juga mainan yang bersifat edukasi untuk mengisi waktu luangnya.
Jadi apa saja sih rekomendasi mainan anak perempuan? Yuk kita intip selengkapnya. Barangkali bisa menjadi pilihan untukmu ketika bermain bersama si kecil di rumah!

Mainan Anak Perempuan

1. Mainan Playdoh
Mainan Anak Perempuan, Menarik dan Mengedukasi (80370)
searchPerbesar
Ilustrasi mainan anak perempuan (Sumber: Freepik)
Mainan lilin atau yang populer juga disebut Playdoh merupakan salah satu mainan untuk anak perempuan. Playdoh cocok kamu berikan kalau anakmu gemar membuat bentuk dari benda-benda yang pernah dilihatnya, sehingga si kecil bisa bebas berkreativitas membentuk lilin tersebut sesuai dengan yang dia inginkan.
ADVERTISEMENT
Playdoh juga tersedia dalam berbagai warna. Variasi warna ini bisa membuat hasil karya yang dibuat si kecil menjadi lebih menarik. Selain itu, mainan lilin juga memiliki kelebihan tahan lama dan tidak mudah rusak ketika sudah dibentuk.
2. Mainan Masak-masakan
Anak kecil biasanya punya rasa ingin tahu yang besar. Kalau dia melihat Mama-Mama atau ada anggota keluarga lainnya yang sedang memasak. Bisa jadi itu menimbulkan rasa penasarannya. Tapi kan kalau langsung memberikannya alat masak asli tentu akan berisiko ya. Jadi kamu bisa membelikannya mainan masak-masakan.
Dengan bermain masak-masakan, anak sedang melakukan role play bagaimana cara membuat makanan. Kemudian dengan adanya mainan berupa piring, sendok, garpu, serta alat makan lainnya, hal ini juga melatih si kecil menyajikan makanan. Mainan seperti ini menjadi cara sederhana untuk anak mengenali berbagai alat masak dan alat makan.
ADVERTISEMENT
Mama-Mama bisa mengajaknya main masak-masakan sambil menjelaskan kegunaan dari masing-masing alat masak. Siapa tahu nanti ketika dia sudah besar, bisa membantu Mama-Mama ketika di dapur kan?
3. Boneka
Mainan Anak Perempuan, Menarik dan Mengedukasi (80371)
searchPerbesar
Ilustrasi mainan anak perempuan (Sumber: mattel.com)
Sejak dulu sepertinya boneka memang sudah menjadi salah satu mainan favorit anak perempuan. Bentuk boneka juga sekarang semakin beragam dengan banyak aksesoris, pakaian, serta bentuk yang lucu. Seperti boneka Barbie yang memiliki pakaian serta aksesoris yang lengkap. Bahkan ada juga rumah-rumahan serta kendaraannya.
Selain itu, Mama-Mama juga bisa membelikan boneka bertema hewan. Penampilannya yang imut serta bulu-bulu yang bertekstur lembut menjadikan boneka ini menjadi salah satu mainan yang paling digemari. Tak hanya boneka berbentuk hewan, kamu juga bisa memberikannya boneka dengan karakter kartun atau princess.
ADVERTISEMENT
Bermain boneka ternyata punya manfaat yang penting untuk tumbuh kembangnya loh. Ketika memainkan boneka, si kecil bisa membayangkan berbagai kondisi dan menuangkannya dalam bentuk cerita.
Misalnya ketika si boneka sedang berada di hutan, sedang berpetualang, dan sebagainya. Hal ini bisa semakin mengasah kreativitasnya serta melatih perkembangan bahasanya. Kalau putri kecilmu, paling senang boneka seperti apa Ma?
4. Mainan Kecantikan
Punya anak perempuan, jangan heran kalau dia nanti akan mengikuti setiap apa yang dilakukan oleh ibunya. Termasuk ketika berdandan atau menggunakan make up.
Jadi kamu bisa nih membelikannya mainan kecantikan. Mulai dari lipstick mainan, nail art, serta berbagai mainan kecantikan lainnya. Menariknya, mainan kecantikan ini juga bisa menjadi salah satu cara si kecil mengekspresikan bakat seninya.
ADVERTISEMENT
Selain itu dengan membelikannya mainan seperti ini, Mama-Mama enggak perlu khawatir lagi deh kalau si kecil bakal memainkan kosmetik yang kamu miliki.
Itulah beberapa mainan anak perempuan menyenangkan yang bisa kamu dan si kecil mainkan di rumah. Mainan-mainan tersebut juga bisa menjadi pilihan kado yang bisa kamu berikan ke anak teman atau kerabat.
(AN)