Mom
·
8 Juni 2021 13:37
·
waktu baca 2 menit

Obat Diare Anak Alami, Bisa Dicoba, Ma!

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Obat Diare Anak Alami, Bisa Dicoba, Ma! (2878)
Ilustrasi Obat Diare Anak Alami. Foto: Freepik
Obat diare anak bisa dibilang merupakan jenis obat yang harus dipersiapkan pada kesempatan apa pun. Kenapa begitu? Jawaban yang paling meyakinkan adalah karena penyakit diare yang kerap menyerang tubuh anak kita. Tapi sebelum kita berbincang lebih jauh lagi tentang obat diare untuk anak, akan lebih baik jika kita bahas dulu nih Ma penyebab dan gejala-gejala khas ketika diare menyerang kesehatan tubuh anak. Simak baik-baik ya, Ma.
ADVERTISEMENT

Penyebab Diare pada Anak

Diare dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mengutip laman KidsHeatlh, terdapat 3 penyebab utama diare. Di antaranya adalah uraian dalam tiga poin di bawah ini.
1. Virus
Serangan diare terhadap tubuh anak kita bisa disebabkan oleh virus, Ma. Dalam kasus umum, virus yang menyebabkan diare adalah virus Gastroenteritis. Virus ini merupakan sumber penyakit yang kerap menyerang tubuh anak. Jika anak kita terpapar virus ini, mereka akan cenderung merasakan mual, muntah, dan berujung pada diare. Gejala yang menandakan keberadaan virus ini di dalam tubuh dapat berlangsung selama beberapa hari. Secara khusus, jika anak-anak enggak tercukupi kebutuhan cairan tubuhnya, mereka juga berisiko mengalami dehidrasi.
Selain virus Gastroenteritis, ada pula virus Rota. Virus satu ini rentan banget menyerang tubuh bayi dan anak-anak. Ia juga akan berpotensi muncul pada waktu-waktu khusus, seperti musim hujan. Selanjutnya, virus ketiga yang dapat menyebabkan diare adalah Coxsackie. Berkebalikan dengan virus Rota, virus Coxsackie akan cenderung muncul di musim kemarau.
Obat Diare Anak Alami, Bisa Dicoba, Ma! (2879)
Ilustrasi Anak Sakit Diare. Foto: Freepik
2. Bakteri
ADVERTISEMENT
Bakteri menjadi salah satu penyebab yang umum ditemukan dalam kasus anak terserang penyakit diare. Jenis bakteri tersebut di ataranya adalah E. Coli, Salmonella, Campylobacter, dan Shigella. Bakteri yang memicu keracunan makanan ini dapat penyebab kemunculan diare dalam beberapa jam pada tubuh anak yang terinfeksi.
3. Parasit
Dua infeksi parasit yang dapat menyebabkan diare pada anak adalah Giardiasis dan Kriptosporidiosis.
Selain penyebabnya, Mama-Mama juga perlu tahu gejala yang menandakan anak kita terserang diare. Berikut uraiannya secara lebih lanjut.

Gejala Diare pada Anak

1. Demam
2. Kehilangan selera makan
3. Mual
4. Muntah
5. Penurunan berat badan
6. Dehindrasi
Jika anak-anak telah menunjukkan gejala seperti itu selama 3 sampai 5 hari, sudah saatnya Mama untuk memeriksakan mereka ke dokter. Namun selain ke dokter, ada pula lho beberapa obat diare anak yang alami yang bisa Mama-Mama berikan jika gejala mereka belum mulai terlalu parah. Berikut beberapa obat alami yang bisa Mama coba berikan ketika anak-anak terserang diare.
ADVERTISEMENT

Obat Diare Anak Alami

1. Air Lemon dan Madu
Air perasaan lemon memang terbukti ampuh dalam menetralisasi racun di dalam tubuh. Kandungan antibakteri di dalam air lemon berperan penting untuk mengobati diare yang menyerang tubuh anak kita. Obat alami yang satu ini simple banget untuk dibuat.
Obat Diare Anak Alami, Bisa Dicoba, Ma! (2880)
Ilustrasi Air Lemon Obat Diare Anak Alami. Foto: Freepik
Mama-Mama cukup memeras satu buah lemon dan menyertakan satu sendok madu di dalamnya agar enggak terasa terlalu asam di lidah anak-anak.
2. Yogurt
Yogurt juga berperan enggak kalah hebat lho Ma dengan air lemon dalam melawan diare. Yogurt sebagai probiotik alami yang mengandung bakteri baik dapat meredakan gejala diare, khususnya diare yang disebabkan oleh bakteri jahat.
Obat Diare Anak Alami, Bisa Dicoba, Ma! (2881)
Ilustrasi Yoghurt Obat Diare Anak Alami. Foto: Freepik
3. Pisang
Obat alami di urutan ketiga ini dijamin akan disukai anak-anak nih, Ma. Kandungan pektin dan potassium yang ada di dalam pisang berperan mengeraskan tinja sehingga ia dapat mengembalikan jumlah elektrolit dalam tubuh anak kita.
Obat Diare Anak Alami, Bisa Dicoba, Ma! (2882)
Ilustrasi Pisang Obat Diare Anak Alami. Foto: Freepik
Ketiga obat diare anak yang alami seperti di atas pastinya akan mudah untuk dikonsumsi anak-anak karena rasanya yang tetap enak.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, Ma? Tertarik untuk mencoba?
(TMA)