Operasi Caesar Berapa Jam? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
26 Desember 2022 7:45
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi operasi caesar berapa jam? Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Momen melahirkan setiap wanita bisa berbeda-beda. Ada yang menjalani dengan proses normal, namun ada pula dengan operasi caesar. Kalau kamu menjalani persalinan seperti apa, Ma?
ADVERTISEMENT
Terdapat beberapa alasan mengapa dokter memutuskan ibu hamil harus menjalani operasi caesar. Seperti, komplikasi kesehatan Mama yang akan membahayakan bayi, posisi janin yang tidak memungkinkan, atau adanya trauma untuk melahirkan secara normal.
Operasi caesar atau C-section adalah prosedur untuk melahirkan bayi dengan cara pembedahan di daerah perut serta rahim. Pada umumnya, sayatan tersebut dibuat melintang di bawah garis pinggang.
Diperoleh dari laman Parents, Michele Hakakha, M.D., selaku dokter kandungan dan ginekologi Los Angeles, mengungkapkan pembedahan caesar merupakan operasi yang terjadwal. Biasanya dilakukan seminggu sebelum waktu HPL.
Operasi caesar bisa dilakukan dengan bius epidural atau anestesi spinal. Ini akan membuat Mama-mama bisa tetap sadar selama menjalani proses pembedahan caesar.
Mama-mama yang akan melahirkan secara caesar, mungkin bertanya-tanya operasi caesar berapa jam? Untuk mengetahuinya, simak lebih lengkapnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Operasi Caesar Berapa Jam?

Ilustrasi operasi caesar berapa jam? Foto: Pexels
Mengutip NHS UK, seluruh prosedur caesar ini umumnya berlangsung sekitar 40-50 menit. Persalinan caesar dapat dilakukan atas keinginan Mama, maupun karena kondisi darurat ketika kehamilan Mama-Mama dinilai terlalu berisiko buat melahirkan secara normal.
Dokter biasanya akan mempertimbangkan untuk melakukan persalinan dengan operasi caesar. Adapun kondisi tersebut antara lain:
ADVERTISEMENT

Proses Operasi Caesar

Ilustrasi operasi caesar berapa jam? Foto: Pexels
Sebelum pembedahan caesar dilakukan, Mama akan diminta untuk berpuasa makan dan minum beberapa jam sebelum operasi. Setelah itu, pasien akan diminta untuk berbaring dalam posisi telentang, kemudian dokter akan memasang kateter guna mengalirkan urine pasien ke kantong urine selama prosedur operasi.
Selanjutnya, dokter akan menyuntikkan obat bius spinal. Ini akan membuat Mama terjaga dan tubuh bagian bawah menjadi mati rasa guna tidak merasakan sakit saat pembedahan perut.
Kemudian, petugas medis akan menempatkan penghalang guna Mama tidak melihat proses operasi yang dilakukan dokter. Setelah obat bius bekerja, langkah-langkah yang akan dilakukan oleh dokter dalam operasi caesar antara lain:
ADVERTISEMENT

Tahap Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Ilustrasi operasi caesar berapa jam? Foto: Pexels
Setelah operasi selesai, Mama biasanya akan dipindahkan dari ruang operasi ke ruang pemulihan segera setelah prosedur.
Seusai kamu pulih dari anestesi, petugas medis akan memastikan Mama dalam kondisi yang baik dan tidak terjadi komplikasi, namun tetap akan dipantau setiap beberapa jam.
Selanjutnya, Mama-mama juga mungkin akan ditawari dengan:
ADVERTISEMENT
(ANS)