Mom
·
8 Juni 2021 15:23
·
waktu baca 2 menit

Perawatan Ibu Hamil Trimester Pertama, Biar Tubuh Makin Rileks

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Perawatan Ibu Hamil Trimester Pertama, Biar Tubuh Makin Rileks (7680)
Ilustrasi perawatan ibu hamil (Sumber : Freepik)
Perawatan ibu hamil bisa mulai Mama-Mama lakukan bahkan ketika mulai memasuki trimester pertama kehamilan kok. Apalagi ketika hamil kan kondisi tubuh kita cenderung lebih cepat capek dan lemas ya. Tentu saja kita membutuhkan perawatan biar tubuh semakin rileks.
ADVERTISEMENT
Adanya perubahan hormon di trimester awal kehamilan, memiliki dampak kepada perubahan kondisi fisik begitu juga gejolak emosi ya, Ma. Belum lagi dengan timbulnya rasa mual, pusing, tidak enak perut, dan hal lainnya yang membuat ibu hamil sering kali tidak nyaman.
Maka dari itu perawatan ibu hamil diperlukan loh bukan cuma untuk menjaga tubuh Mama-Mama juga. Hal ini juga bisa membantu membuat mood kamu menjadi lebih baik saat menjalani proses kehamilan.
Nah berikut beberapa jenis perawatan ibu hamil di trimester pertama yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di sini ya!

Perawatan Ibu Hamil

1. Lebih Banyak Makan Sayur dan Buah
Selama menjalani kehamilan, kita harus memastikan tubuh untuk selalu mendapatkan nutrisi yang baik. Makan buah dan sayuran tentu saja memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil serta janin yang ada di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Jadi jangan lupa buat menyertakan sayur dan buah-buahan dalam setiap menu makanan sehari-harimu ya, Ma!
2. Perawatan Gigi
Ada beberapa Mama-Mama yang ketika hamil mengalami gusi berdarah atau beberapa keluhan lainnya terkait dengan kesehatan gigi. Biasanya masalah pada gigi ini akan muncul di trimester pertama kehamilan. Maka dari itu, ada baiknya kamu juga melakukan perawatan gigi ke dokter spesialis ya agar tidak ada lagi muncul keluhan pada gigi dan kesehatan mulut.
3. Olahraga Ringan
Perawatan Ibu Hamil Trimester Pertama, Biar Tubuh Makin Rileks (7681)
Ilustrasi perawatan ibu hamil (Sumber : Freepik)
Kata siapa ibu yang sedang hamil muda tidak boleh berolahraga? Olahraga justru sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh loh. Apalagi di kondisi pandemi seperti ini, imunitas tubuh kita juga harus tetap terjaga.
Perlu dicatat ya, olahraga yang boleh Mama-Mama lakukan di trimester pertama ini cukup olahraga yang ringan saja, misalnya yoga atau jalan santai. Kamu juga bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter kandunganmu mengenai olahraga mana saja yang boleh dilakukan pada trimester pertama ini.
ADVERTISEMENT
4. Perawatan Rambut
Perawatan Ibu Hamil Trimester Pertama, Biar Tubuh Makin Rileks (7682)
Ilustrasi perawatan ibu hamil (Sumber : Freepik)
Kebanyakan Mama-Mama yang sedang hamil muda mengalami mual atau morning sickness, sehingga perawatan ibu hamil yang satu ini sering kali diabaikan. Kondisi morning sickness memang membuat tidak nyaman, sehingga banyak Mama-Mama yang menjadi malas menyisir rambut maupun keramas rutin.
Padahal perawatan rambut juga penting loh selama kehamilan. Mama-Mama juga bisa memotong rambut buat mengganti penampilan agar semakin lebih fresh. Namun harus dipastikan juga buat Mama-Mama yang akan melakukan perawatan rambut untuk menggunakan produk yang aman bagi ibu hamil.
5. Perawatan Kuku
Salah satu perawatan ibu hamil yang paling mudah buat dilakukan di rumah adalah perawatan kuku. Mama-Mama juga bisa melakukan sendiri manikur pedikur sendiri di rumah. Sekarang sudah banyak loh peralatan untuk manikur pedikur yang dijual di toko pernak-pernik atau kecantikan.
ADVERTISEMENT
Namun buat Mama-Mama yang akan menggunakan cat kuku, harap diperhatikan ya bahannya apakah sudah aman untuk ibu hamil atau belum. Selain itu, beberapa cat kuku juga memiliki bau yang menyengat yang bisa membuat indra penciumanmu tidak nyaman. Kalau kasusnya seperti ini, Mama-Mama bisa memanggil terapis yang berpengalaman untuk membantumu.
Nah itu dia Ma, beberapa perawatan ibu hamil yang bisa kamu lakukan. Perawatan terhadap tubuhmu juga diperlukan supaya Mama-Mama tetap sehat dan bahagia di masa kehamilan ini. Kalau kamu sudah menjalani perawatan yang mana saja nih?
(AN)