Mom
·
17 Juli 2021 19:01
·
waktu baca 3 menit

Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Berikut Daftarnya

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Berikut Daftarnya (423251)
searchPerbesar
Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir (Sumber: Pixabay)
Tak hanya mempersiapkan fisik dan mental, Mama-Mama juga harus mulai membuat list apa saja perlengkapan bayi baru lahir jelang persalinan yang semakin dekat. Baiknya sih kamu mulai melakukan persiapan ini dari beberapa minggu sebelum HPL (hari perkiraan lahir).
ADVERTISEMENT
Untuk bumil yang baru pertama kali mengandung, bisa jadi ini merupakan pengalaman yang baru untukmu. Deg-dengan sekaligus panik enggak sih? Soalnya ada berbagai macam barang yang perlu dipersiapkan.
Membuat daftar perlengkapan ini juga penting agar kamu terhindar membeli barang-barang yang belum dibutuhkan. Nanti malah pengeluarannya bisa membengkak juga kan?
Nah biar Mama-Mama enggak bingung lagi, berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus kamu siapkan. Apa saja? Simak selengkapnya di sini ya!

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

1. Popok
Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Berikut Daftarnya (423252)
searchPerbesar
Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir (Sumber: Pixabay)
Umumnya bayi yang baru lahir bisa berganti popok hingga 10 sampai 12 kali sehari. Jadi Mama-Mama perlu menyiapkan stok popok yang agak banyak untuk beberapa hari ke depan setelah waktunya persalinan. Kamu bisa memilih popok sekali pakai biar lebih praktis ketika akan menggantinya di malam hari atau saat akan keluar rumah.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi jika masih ingin menggunakan popok kain, kamu bisa memilih yang berbahan lembut seperti katun. Pilihkan popok yang memiliki tali sehingga nantinya tidak perlu repot lagi memakai peniti.
2. Pakaian Bayi
Buat orang tua baru, membeli pakaian bayi bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tapi ingat, jangan sampai kalap juga. Kamu perlu memerhatikan pakaian apa saja yang praktis tetapi membuat si kecil nyaman. Beberapa pilihan pakaian ini cocok untuk kamu beli untuk bayi yang baru lahir:
  • 4-8 baju jumper pendek dan panjang yang memiliki kancing di bahu, di kaki dekat selangkangan, serta di sepanjang bagian depan tubuh.
  • 4-8 piyama.
  • 4-8 kemeja dengan gaya kimono atau kancing di bahu.
  • 4-8 celana pendek, panjang, maupun legging yang dapat menutupi perut bayi.
  • 1-3 sweater, jaket, atau baju hangat lainnya yang memiliki kancing depan.
ADVERTISEMENT
3. Perlengkapan Mandi
Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Berikut Daftarnya (423253)
searchPerbesar
Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir (Sumber: Pixabay)
Selain pakaian, peralatan penting lainnya yang perlu Mama-Mama persiapkan, yakni perlengkapan mandi bayi. Bagi kamu yang baru saja memiliki anak pertama, pasti awalnya akan merasa sedikit takut ketika memandikan si kecil kan. Tak usah khawatir Ma, nanti lama-lama kamu juga akan terbiasa.
Nah berikut beberapa perlengkapan mandi yang perlu kamu miliki:
  • 1 bak mandi yang didesain khusus untuk mandi bayi.
  • Sabun serta shampoo bayi.
  • Handuk bayi.
  • Lotion dan bedak bayi.
Untuk bayi yang baru lahir, kamu juga bisa menyediakan kain lap lembut untuk membersihkan tubuhnya. Sementara itu pastikan produk sabun dan sampo bayi yang digunakan diformulasikan khusus untuk bayi. Biasanya kandungan sabun bayi lebih lembut dibandingkan sabun biasa.
5. Kaus Kaki, Sarung Tangan, dan Topi
ADVERTISEMENT
Biar bayi tetap merasa nyaman dan hangat, penting juga bagimu untuk menyiapkan kaus kaki, sarung tangan, serta topi. Pilihlah yang memiliki bahan yang lembut, seperti katun. Selain melindunginya dari cuaca panas atau dingin, sarung tangan juga bisa berguna mencegah si kecil menggaruk dirinya sendiri sehingga dapat melukai wajahnya.
6. Gendongan Bayi
Ketika sudah memiliki buah hati, kita pasti ingin selalu menggendongnya ya, Ma. Menggendong bayi juga ternyata dapat membangun bonding antara Mama-Mama dan si kecil. Tapi kalau kamu salah posisi menggendong bayi, dapat menyebabkan tubuhmu menjadi pegal-pegal Ma.
Maka dari itu pilihlah gendongan yang nyaman untukmu juga si kecil. Sekarang sudah semakin beragam produk gendongan bayi. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu ya, Ma.
ADVERTISEMENT
Nah jadi enggak bingung lagi kan apa saja perlengkapan bayi baru lahir. Coba cek daftarmu Ma, jangan sampai ada yang terlewat ya!
(AN)