Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Keutamaan dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya

Konten dari Pengguna
1 Juni 2021 13:38
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Keutamaan dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya (409550)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ibu Hamil. Foto: Freepik
Surat Yusuf untuk ibu hamil adalah salah satu amalan yang disarankan oleh banyak orang. Ya, banyak yang beranggapan bahwa dengan membaca Surat Yusuf, beragam manfaat yang akan dirasakan oleh para ibu hamil, khususnya yang berdampak baik bagi anak yang sedang kamu kandung.
ADVERTISEMENT
Sebelum membahas tentang peran Surat Yusuf bagi ibu hamil, Mama akan menjelaskan tentang garis besar kandungan surat yang terdiri 111 ayat ini. Pada intinya, Surat Yusuf berisikan tentang riwayat hidup Nabi Yusuf AS bin Ya’qub AS bin Ishaq AS bin Ibrahim AS. Dalam Surat Yusuf, Allah berfirman tentang kisah Nabi Yusuf bersaudara dengan orang tua mereka, keimanan Nabi Yusuf, hukum-hukum Islam, hingga perilaku teladannya.
Nah, itu dia Ma, paparan ringkas tentang garis besar kandungan surah Yusuf. Selanjutnya, jika dikaitkan dengan kondisi ibu hamil, ternyata Surat Yusuf juga memiliki berbagai keutamaan.

Keutamaan Membaca Surat Yusuf untuk Ibu Hamil

1. Bayi yang Dikandung Menjadi Anak yang Sholeh
Keutamaan pertama dari Surat Yusuf untuk ibu hamil adalah memberikan limpahan rahmat dari Allah SWT, yaitu berupa anugerah sikap dan sifat saleh kepada anak yang sedang dikandung. Dengan demikian, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk membaca Surat Yusuf secara rutin, khususnya Surat Yusuf ayat 68 setiap selesai melaksanakan salat wajib.
ADVERTISEMENT
2. Bayi yang Dikandung Menjadi Anak yang Rupawan
Keutamaan di urutan kedua dari Surat Yusuf untuk ibu hamil adalah berkhasiat membuat anak di kandungannya menjadi anak yang rupawan.
Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Keutamaan dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya (409551)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Surat Yusuf untuk Ibu Hamil agar Anak Rupawan. Foto: Freepik
Hal ini tidak terlepas dari kisah Nabi Yusuf sebagai salah satu Nabi yang paling tampan, bahkan ketampanannya itu membuat banyak wanita secara terang-terangan atau diam-diam menyukainya.
Mama-Mama yang menginginkan anak yang rupawan bisa banget nih mencoba amalan rutin, yaitu membaca Surat Yusuf.
3. Menjauhkan Anak dari Sifat Iri Hati
Surat Yusuf untuk ibu hamil juga dipercaya dapat menjauhkan anak yang dikandungnya dari sifat iri hati. Keutamaan ini didasarkan pada kandungan dalam ayat ke-5 Surat Yusuf ketika ayahnya berkata kepada Nabi Yusuf untuk merahasiakan mimpinya dari saudara-saudaranya. Ayah Nabi Yusuf berkata seperti itu untuk menjaga Nabi Yusuf dari sikap iri dengki para saudaranya. Dari ayat tersebutlah, membaca Surat Yusuf untuk ibu hamil juga dapat memiliki keutamaan, yaitu menjauhkan anak kita dari sifat iri hati.
ADVERTISEMENT

Waktu yang Tepat Membaca Surat Yusuf untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah dipaparkan di atas, membaca Surat Yusuf memiliki berbagai kebaikan yang bermanfaat bagi janin di dalam kandungan. Dalam membaca Surat Yusuf untuk ibu hamil, terdapat waktu yang sangat dianjurkan.
Habib Umar bin Hafiz menyarankan para ibu hamil untuk memperbanyak bacaan Surat Yusuf yang ditujukan untuk anak di dalam kandungan ketika memasuki usia kehamilan pada trimester kedua.
Kok bisa begitu, Ma? Saran tersebut ternyata muncul bukan tanpa alasan. Memasuki masa kehamilan di trimester kedua, penampilan fisik bayi di dalam kandungan telah terbentuk. Oleh karenanya, sangat dianjurkan bagi Mama-Mama yang hendak memiliki anak yang rupawan dan saleh membaca Surat Yusuf di saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.
Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Keutamaan dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya (409552)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ibu Hamil Membaca Surat Yusuf. Foto: Freepik
Walaupun demikian, Mama kembali mengingatkan bahwa membaca Alquran adalah amalan yang mendulang banyak kebaikan dan pahala. Maka sudah seharusnya, Mama-Mama tidak hanya terfokus dalam tujuan untuk mendapatkan anak yang rupawan dan saleh.
ADVERTISEMENT
Akan jauh lebih baik jika Mama-Mama membaca Alquran secara rutin dan menyeluruh untuk mendapatkan ridho Allah dan melaksanakan tugas kita sebagai seorang hamba yang bertaqwa dan selalu ingin mendapatkan pahala yang berlimpah.
Sekian dulu ya Ma, beberapa keutamaan membaca Surat Yusuf untuk ibu hamil dan waktu yang tepat yang dianjurkan kepada Mama-Mama jika ingin memiliki anak yang soleh, cerdas, dan rupawan.
(TMA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020