kumparan
KONTEN PENGGUNA
14 Februari 2020 18:27

Tips ala Mama Supaya Terhindar dari Virus Corona

Virus Corona (Portrait)
Ilustrasi virus corona. Foto: kumparan
Akhir-akhir ini virus corona makin merajalela ya, Moms. Dua minggu lagi si papa katanya mau ke Singapura, ada kerjaan gitu, deh. Tapi pas Mama cek berita di media online, ternyata korbannya makin bertambah jadi banyak aja. Serem!
ADVERTISEMENT
Demi keselamatan keluarga, Mama rempong akhirnya nanya-nanya ke dokter mengenai pencegahan virus corona. Mama rempong kan takut juga kalau si papa kenapa-kenapa. Tapi sekarang sih udah sedikit berkurang khawatirnya, Moms.. (sedikit aja ya).
Soalnya, Mama udah ngasi tahu ke papa, cara-cara dari dokter buat mencegahnya. Mau tahu apa aja yang Mama bawelin ke suami Mama?
  1. Rajin Cuci Tangan
washing-hands_1155-8.jpg
Rajin cuci tangan supaya terhindar dari virus corona Foto: freepik
Kalau mau memegang area tubuh seperti mata, hidung, mulut, wajib cuci tangan dulu ya, Moms. Apalagi kalau tadinya baru pegang-pegang barang. Dari tempat umum juga harus cuci tangan, lho. Si anak nih, Moms, biasanya yang suka pegang sembarangan. Tapi tenang aja, udah Mama bawelin juga ke dia.
Cuci tangan juga harus pakai sabun dan di bawah air mengalir, yang selanjutnya dikeringkan dengan tisu sekali pakai atau handuk, Moms. Cuci tangan kan sesimpel kita mengusir virus dan bakteri jahat ya, kan, Moms.
ADVERTISEMENT
  1. Gunakan masker
Ilustrasi masyarakat yang menggunakan masker di bandara
Ilustrasi masyarakat yang menggunakan masker di bandara agar terhindar dari virus. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Ini penting lho, untuk mencegah masuknya virus yang beterbangan di udara ke tubuh kita.
Kurangi juga bkontak langsung dengan orang yang sedang mempunyai gejala infeksi saluran nafas. Tanda-tandanya suka bersin-bersin dan kelihatannya lagi flu.
Di keluarga Mama rempong sekarang juga nih, harus siap sedia masker.
  1. Tidak berkunjung ke pasar hewan hidup
Katanya, virus corona berasal dari kelelawar dan tikus. Kemudian menular ke hewan-hewan lain. Jadi, jangan berkunjung dulu ya Moms, ke tempat peternakan dan pasar hewan.
  1. Matikan AC
Ilustrasi mematikan AC (air conditioner)
Ilustrasi mematikan AC (air conditioner). Foto: Shutter Stock
Ternyata, Moms, mematikan AC itu bisa mencegah penyebaran virus. Kata dokter yang Mama temuin kemarin, jendela dan pintu harus terbuka, gunanya untuk pergantian udara. Lumayan, Moms, jadi sekalian bisa irit listrik di rumah, hehehe..
ADVERTISEMENT
  1. Konsumsi makanan bergizi
Untuk menjaga imunitas tubuh, harus makan makanan bergizi dan seimbang, Moms. Nggak perlu yang mahal-mahal lagi, yang murah tapi sehat juga banyak di pasar. Ya apa ya?
Gampang kan, Moms? (R)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan