Mom
·
9 Juni 2021 9:13
·
waktu baca 3 menit

Vitamin C untuk Ibu Hamil: Informasi yang Wajib Mama Tahu

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Vitamin C untuk Ibu Hamil: Informasi yang Wajib Mama Tahu (30773)
Ilustrasi Vitamin C untuk Ibu Hamil. Foto: Freepik
Vitamin C untuk ibu hamil merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak sekali pengaruh baik untuk tubuh ibu dan bayi di dalam kandungan, Ma. Mama selama hamil juga sering banget dikasih tahu sama dokter kandungan untuk memperhatikan asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh. Wajar sih, dokter kandungan Mama bisa serewel itu. Karena selama kehamilan, Mama sering banget ngeluh cepat merasa lelah dan lebih sering merasa lemas.
ADVERTISEMENT
Ternyata oh ternyata, kurangnya asupan vitamin C jadi salah satu penyebab utama tubuh Mama terasa begitu selama hamil. Kalau kebutuhan vitamin C pada tubuh Mama-Mama saat hamil enggak tercukupi, tubuh bisa menjadi mudah terasa lelah, terserang radang gusi, luka menjadi sulit untuk disembuhkan, kulit mudah memar dan kering. Makanya Ma, penting banget lho untuk ibu hamil menjaga asupan vitamin C bagi tubuh mereka.
Selain itu, masih banyak manfaat dari vitamin C untuk ibu hamil. Jika pada umumnya vitamin C berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh, bagi ibu hamil, vitamin C juga membantu tubuh dan bayi di dalam kandungannya untuk mendapatkan cukup kolagen.
Vitamin C untuk Ibu Hamil: Informasi yang Wajib Mama Tahu (30774)
llustrasi Vitamin C. Foto: Freepik

Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

Lebih lanjut nih Ma, vitamin C dibutuhkan karena tubuh Mama-Mama saat sedang hamil menggunakan vitamin C untuk membuat kolagen, yaitu protein struktural yang menjadi komponen pembentukan tulang rawan, tendon, tulang, dan jaringan kulit.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya itu Ma, vitamin C ini juga berperan dalam perbaikan jaringan, penyembuhan luka, pertumbuhan dan perbaikan tulang, dan kulit yang sehat. Vitamin C juga berperan membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Banyak banget kan Ma manfaat dari vitamin C? Untuk itulah, vitamin yang juga bisa disebut asam askorbat ini menjadi penting untuk dikonsumsi oleh Mama-Mama yang sedang hamil.

Asupan Vitamin C untuk Ibu Hamil yang Dibutuhkan

Mama-Mama wajib tahu bahwa ibu hamil memerlukan asupan vitamin C yang lebih banyak daripada wanita yang sedang enggak hamil. Apalagi kalau mengingat selama hamil, ada bayi di dalam kandungan yang juga harus tercukupi kebutuhan vitamin C-nya. Bahkan untuk ibu menyusui, mereka membutuhkan lebih banyak asupan vitamin C.
ADVERTISEMENT
Berikut Mama jabarkan nih, asupan vitamin C yang dibutuhkan ibu hamil yang disesuaikan dengan usia mereka berdasarkan informasi yang tertulis di laman Baby Center.
1. Ibu hamil berusia 18 tahun ke bawah: 80 mg vitamin C per hari.
2. Ibu hamil berusia 19 tahun ke atas: 85 mg vitamin C per hari.

Makanan Terbaik yang Mengandung Vitamin C

Dari mana saja ibu hamil bisa mendapatkan asupan vitamin C? Banyak banget kok, Ma. Enggak perlu suplemen vitamin C tambahan, Mama-Mama saat sedang hamil bisa menyantap beberapa makanan yang sudah mengandung vitamin C di dalamnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.
Vitamin C untuk Ibu Hamil: Informasi yang Wajib Mama Tahu (30775)
Ilustrasi Sumber Vitamin C. Foto: Freepik
1. Buah Jeruk
Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang bisa dibilang tinggi banget lho, Ma. Mama-Mama juga sangat mudah kalau mau nyari buah jeruk. Untuk hitungannya, sekitar 6 ons jeruk mengandung 93 mg vitamin C.
ADVERTISEMENT
2. Buah Kiwi
Buah selanjutnya yang mengandung vitamin C adalah buah kiwi. Sedikit di bawah jeruk, satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C, Ma.
Vitamin C untuk Ibu Hamil: Informasi yang Wajib Mama Tahu (30776)
Ilustrasi Buah Kiwi Sumber Vitamin C. Foto: Freepik
3. Tomat Mentah
Kandungan vitamin C dalam satu buah tomat berukuran sedang adalah 17 mg. Tomat ini juga bisa kamu olah dalam bentuk jus atau dibuat menjadi bahan dasar masakan sehari-hari.
Vitamin C untuk Ibu Hamil: Informasi yang Wajib Mama Tahu (30777)
Ilustrasi Buah Tomat Sumber Vitamin C. Foto: Freepik
4. Aneka Jus
Jika Mama-Mama yang mengalami kerewelan untuk masalah makan, bisa banget nih mengonsumsi vitamin C dalam bentuk olahan jus. Biasanya, jus yang disarankan banget adalah jus stroberi, brokoli, dan jeruk bali. Kandungan vitamin yang ada di dalamnya berkisar dari 40 sampai 50 mg, Ma.
Vitamin C untuk Ibu Hamil: Informasi yang Wajib Mama Tahu (30778)
Ilustrasi Jus Sumber Vitamin C. Foto: Freepik
Itu dia Ma, informasi seputar asupan vitamin C untuk ibu hamil. Intinya, Mama-Mama harus memahami kebutuhan vitamin yang satu ini penting banget untuk dipenuhi selama kehamilan.
ADVERTISEMENT
Semoga semua yang telah Mama bagikan di sini bermanfaat ya untuk menambah pengetahuan Mama-Mama.
(TMA)