Mom
·
15 September 2021 20:04
·
waktu baca 3 menit

Yogurt untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaatnya?

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Yogurt untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaatnya? (73140)
searchPerbesar
Ilustrasi yogurt untuk ibu hamil (Sumber: Freepik)
Adakah manfaat yogurt untuk ibu hamil? Yogurt merupakan salah satu camilan sehat yang tentunya banyak disukai oleh Mama-Mama dan keluarga kan?
ADVERTISEMENT
Selain rasanya yang enak, yogurt juga mengandung nutrisi penting seperti kalsium dan protein. Bisa dibilang yogurt juga dulu menjadi salah satu camilan yang Mama sukai ketika saat hamil. Yogurt yang biasanya disajikan dingin dan segar juga bisa mengurangi rasa mual pada saat kehamilan kan.
Yogurt sendiri adalah salah satu produk susu fermentasi, seperti susu namun dibudidayakan dengan bakteri Lactobacillus acidophilus. Bakteri ini berguna mencerna gula dalam susu, khususnya mencerna laktosa dalam energi.
Bakteri inilah yang membuat asam laktat, yang nantinya bakal bereaksi dengan protein dalam susu. Lalu menghasilkan rasa asam dan tekstur seperti krim.
Lantas apa saja sih manfaat yogurt untuk ibu hamil? Kalau penasaran, simak info lengkapnya di sini ya yang telah Mama lansir dari laman FirstCry Parenting!
ADVERTISEMENT

Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Yogurt untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaatnya? (73141)
searchPerbesar
Ilustrasi yogurt untuk ibu hamil (Sumber: Freepik)
1. Nutrisi yang Baik Bagi Janin
Yogurt punya segudang kandungan nutrisi yang baik, mulai dari protein, kalsium, asam folat, vitamin D hingga omega 3. Kandungan tersebut sangat baik bagi bumil serta untuk perkembangan janin.
2. Melancarkan Pencernaan
Ibu hamil kerap kali mengalami konstipasi atau masalah buang air besar. Mulai dari sakit ketika buang air besar atau frekuensi buang air besar menjadi 2 sampai 3 hari sekali.
Mengonsumsi yogurt baik bagi Mama-Mama yang mengalami masalah sembelit ini. Pasalnya yogurt mengandung probiotik yang baik buat melancarkan pencernaan.
3. Mendinginkan Tubuh
Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah bisa untuk mendinginkan tubuh. Misalnya kamu usai menyantap makanan yang panas, setelahnya kamu bisa makan sedikit yogurt untuk mengurangi efek pedasnya.
ADVERTISEMENT
Mengonsumsi yogurt juga bisa mengurangi risiko meningkatnya gangguan pencernaan setelah makan makanan pedas, contohnya adalah perut mulas.
4. Kaya Kalsium
Yogurt untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaatnya? (73142)
searchPerbesar
Ilustrasi yogurt untuk ibu hamil (Sumber: Freepik)
Seperti yang kita ketahui, kalsium penting dibutuhkan untuk ibu hamil guna pembentukan tulang dan gigi janin yang ada di dalam kandungan. Kalsium juga penting untuk penyerapan vitamin D pada tubuh. Selain itu kalsium juga baik untuk perkembangan organ serta fungsi tubuh lainnya untuk calon buah hatimu.
5. Membantu Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Tekanan dari tinggi bisa saja dialami oleh ibu hamil selama masa mengandung. Kalau dibiarkan, hal ini bisa berisiko negatif bagi ibu serta janin.
Asupan yogurt ternyata dipercaya bisa menenangkan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Konsumsi yogurt secara rutin bagi bumil juga baik buat menurunkan kadar kolesterol serta baik untuk kesehatan jantung.
ADVERTISEMENT
6. Mencegah Kulit Kering
Selama hamil, tak hanya fisik saja yang mengalami perubahan. Banyak ibu hamil juga yang mengalami adanya perubahan pada kondisi wajahnya. Adanya perubahan hormon dapat menyebabkan kulit kering serta muncul bintik-bintik hitam.
Selain memakai skin care yang aman untuk ibu hamil, kamu juga bisa mengonsumsi yogurt untuk perawatan dari dalam. Soalnya yogurt kaya akan vitamin E yang mampu menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya masalah pigmentasi pada kulit.
7. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang
Yogurt mengandung kalium, fosfor, serta kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang selama kehamilan. Kandungan kalsium di dalamnya juga bisa mencegah osteoporosis yang bisa saja terjadi seiring dengan bertambahnya usia.
8. Mencegah Perut Kembung
ADVERTISEMENT
Perut kembung menjadi salah satu keluhan yang sering terjadi ketika masa awal kehamilan. Selain adanya perubahan hormon, perut kembung juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pencernaan atau gastritis.
Mengonsumsi yogurt secara rutin dapat mengurangi keluhan perut kembung ini. Pasalnya yogurt kaya akan probiotik yang sangat baik untuk masalah pencernaan.
Itulah dia beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil. Jadi sudah enggak ragu lagi kan buat mengonsumsi yogurt selama kehamilan?
(AN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white