• 0

USER STORY

Manfaat Batang Pohon Talas

Manfaat Batang Pohon Talas


Pohon talas Merupakan salah satu jenis tumbuhan banyak ditemukan di daerah perkebunan, talas memiliki fungsi yang sangat beragam jika hanya daun talas yang memiliki fungsi dan manfaat untuk kesehatan tetapi batang talas pun memiliki manfaat untuk kesehatan. Bentuk jari batang talas didefinisikan seperti berikut ini. Batang talas memiliki batang yang panjang tanpa memiliki cabang dan disetiap batang memiliki rongga-rongga. Tidak hanya itu baik itu pada daun ataupun pada batang tanaman talas yang memiliki lapisan seperti lapisan lilin sehingga tidak basah apabila terkena air.
Tanaman talas di masyarakat jawa sering disebut dengan “ lompong” dimana tanaman lompong sering digunakan sebagai obat-obatan di masyarakat desa atau dikonsumsi sebagai sayuran, karena memang rasa sayur lompong ini sangatlah lezat. setelah dimasak membuat rasa sayur lompong ini menjadi begitu lezat ketika dikunyah. Tanaman cara sini mengandung banyak serat sehingga baik apabila digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan karena pada sistem pencernaan serat sangat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan tersebut.
Tanaman talas ini tidak hanya mengandung serat saja tetapi berdasarkan sebuah penelitian ternyata tanaman talas ini mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, dan masih banyak kandungan lainnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan.
Setelah mengetahui kandungan apa saja yang dimiliki oleh batang talas maka selanjutnya perlu diketahui manfaat apa saja yang dapat diperoleh ketika memanfaatkan batang kelas tersebut. Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari batang talas adalah.
Manfaat Batang Talas untuk Tubuh
1. Sebagai obat diare
Penyakit diare merupakan penyakit yang mengganggu pencernaan dimana gangguan pencernaan tersebut disebabkan oleh bakteri ecoli. Untuk menangani penyakit ini biasanya racikan herbal yang perlu dimanfaatkan adalah dengan menggunakan 30 gram batang talas dan patikan kebo sebanyak 30 gram gram pula. Seroja aku sangat mudah hanya perlu mencuci dan memotong motong kecil-kecil kemudian direbus sehingga kurang lebih separuh dari air rebusan. Setelah selesai membuat ramuan yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsinya di pagi dan sore hari agar cepat pulih
Mengatasi diabetes
Ternyata kandungan serat yang ada pada talas ini mampu untuk mencegah dari serangan diabetes, karena memang penderita diabetes memerlukan banyak serat untuk pengobatannya. Dengan adanya serat maka dapat membantu melepaskan glukosa dalam tubuh yang berlebih sehaingga akan mengatasi diabetes
Mengatasi penyakit kanker
Selain terdapat kandungan serat yang baik untuk diabetes, talas mengandung vitamin A dan vitamin C, bahakna talas pun memiliki kandungan antioksidan fenolik yang dapat menambah kuat kekebalan tubuh sehinga dapat mencegah radikal bebas berbahaya yang menyerang tubuh dan menyebabkan kanker. Maka dengna konsumsi talas dapat mencegah kanker, terutama kanker yang terjadi di mulut
Memberi kesehatan mata
Kandungan vitmin A dalam talas sangat baik untuk menjaga dan menutrisi mata agar tetap sehat. dengna adanya vitamin A pada talas akan membantu mata agar tidak kabur ketika melihat.
Menjaga jantung
Mineral aktif yang ada pada talas dapat mengatasi penyakit jantung, bahkan dapat mencegah jantung untuk terserang penyakit. Selain itu pada talas mengandung kalium yang baik untuk mentrasfer cairan sehat keseluruh tubuh sehingga dapat meredakan tekanan yang ada pada pembuluh darah agar tidak mengakibatkan jantung menjadi sakit.
Menjaga kuluit
Vitamin A dan vitamin E, sangat banyak funginya, tidak hanya menjaga mata, tetapi juga dapat menjaga kesehtan kulit. Begitu pula dengan talas ini, dengan mengkonsumsi talas secara rutin ternyata dapat membantu menghaluskan kulit.
Menambah kekuatan sistem imun
Jika kekuatan sistem imun terjaga maka kekabalan tubuhpun akan terjaga, kekabalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang vitus dan bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit. Kandungan vitmai nC pada tanaman ini dapat membuat sel darah putih menjadi lebih banyak. Sel darah putih berfungsi untuk menyerang virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.
Mencegah penuaan dini
Salah satu kandungan talas dapat mencegah penuaan dini, adapun bbeberapa kandungan itu seperti antioksidan, vitamin A, dan vitamin C, dimana beerapa kandungan tersebut dipercaya efektif untuk mencegah penuaan dini.
Memberi semaangat
Salah satu manfaat lain dari talas adalah dapat memberikan semangat yang lebih baik. Artinya talas ini mampu menyembuhkan rasa lelah sehingga semangat yang akan muncul. Oleh karena itu bagi anda yang banyak aktivitas dapat mengkonsumsi talas untuk mencegah kelelahan.
Mengatasi anemia
Tidak disangka ternyata batang talas pun dapat mengatasi anemia atau kekurangan darah. Anemia atau kurang darah ini dapat diatas idengan baik oleh tanaman talas karena kandungannya seperti mineral, tembaga dan zat besi yang memang dipercaya ampuh dalam mengatasi anemia.
Membantu pencernaan
Pencernaan yang baik akan mengahsilka hasil yang baik pula. Untuk mengahsilkan pencernaan yang baik perlu adanya serat yang cukup pada sistem pencernaan, karenan dnegna serat yang cukup tersebut pencernaan akan mudah dicerna. Dan buang air besar pun menjadi lebih lancar.
Mengatasi masalah usus
Masalah usus bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, hal ini biasa disebabkan karena proses pencernaan tidak berjalan dengan biak. Jika pencernaan tidak dapat mencerna makanan dengna sempurna dan tidak halus, maka dapat menyebabkan usus menjadi bermasalah, karena ususlah yang menjadi tempat lalu lintas makanan.
Untuk anti anging
Manfaat lain yang dapat diperoleh dari talas adalah talas dapat digunakan sebagai anti anging, dimana anti aging sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mampu menghindarkan dari penuaan dini dan masalah kulit lainnya seperti kerutan dan lain sebagainya.
Sumber : https//manfaat.co.id/manfaat-batang-talas-untuk-tubuh
Baca juga :

500

Baca Lainnya