News
·
16 Mei 2020 8:14

2.262 Keluarga di Sitaro, Sulawesi Utara, Terima Kartu Sembako

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
2.262 Keluarga di Sitaro, Sulawesi Utara, Terima Kartu Sembako  (3401)
Sekretaris Daerah Herry Bogar menyerahkan secara simbolis Kartu Keluarga Sejahtera untuk warga di Kabupaten Sitaro
SITARO - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera kepada 2.262 kepala keluarga. Kartu ini nantinya bisa dipakai oleh masyarakat belanja kebutuhan pokok di 27 gerai yang menjadi agen mitra kartu yang telah disiapkan pemerintah daerah.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Sosial, Evita Janis melalui Sekretaris Dinas, Cosman Ambalao menjelaskan kartu yang lebih dikenal kini dengan sebutan Kartu Sembako ini, dulunya berbentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan secara nontunai setiap bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat.
"Tapi saat ini terjadi perubahan nomenklatur, sekaligus dana bantuan yang akan diterima warga, yang sebelumnya Rp 150 ribu, saat ini menjadi Rp 200 ribu," ujar Ambalao.
Menurut Ambalao, warga yang menerima Kartu Keluarga Sejahtera ini, diberikan modal di dalam kartu dan dapat menggunakannya sebagai alat bayar pembelian pangan di gerai yang sudah disiapkan.
Ambalao bilang, bagi penerima Kartu Sembako, tak bisa menerima Bantuan Sosial Tunai atau Bantuan Langsung Tunai lagi. Hal ini menurutnya, sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial Nomor 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai Dalam Penanganan Dampak COVID-19.
ADVERTISEMENT
"Soal ini sudah kami sosialisasikan ke warga agar mereka memiliki pemahaman terkait penyaluran bantuan disaat penyebaran virus corona ini. Dan untuk Sitaro jumlah penerima bantuan sosial tunai, hasil verifikasi sebanyak 810 kepala keluarga," ucapnya kembali.
Sementara, Sekretaris Daerah Herry Bogar mewakili Bupati Evangelian Sasingen menyerahkan langsung Kartu Keluarga Sejahtera kepada perwakilan warga belum lama ini.
****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
franky salindeho