News
·
26 Oktober 2019 0:08

8 Fakta Wempi Wetipo: Pernah Jadi Office Boy hingga Pakai Sepatu Robek

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
8 Fakta Wempi Wetipo: Pernah Jadi Office Boy hingga Pakai Sepatu Robek (287431)
Wempi Watipo tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: Kevin S. Kurnianto/kumaparn
Jumat (23/10) sore, Presiden Joko Widodo melantik 14 Wakil Menteri di Kabinetnya. John Wempi Wetipo, mantan Bupati Kabupaten Jayawijaya dua periode, menjadi orang Papua yang masuk ke kabinet dan menjabat sebagai Wakil Menteri PUPR yang akan mendampingi menteri Basuki Hadimuljono.
ADVERTISEMENT
Namun, kesuksesan John Wempi Wetipo bukan didapatkan secara instan. Kehidupan susah pernah dijalani oleh Wetipo semasa kuliah di Kota Manado, Sulawesi Utara medio tahun 1991-1995. Sewaktu itu, dirinya kuliah di Akademi Pariwisata Manado mengambil jurusan perhotelan.
Berikut beberapa fakta tentang Wetipo seperti diceritakan Denny Kaligis, Direktur Akademi Pariwisata Manado, tempatnya kuliah dan kerja sebagai waker atau office boy.
8 Fakta Wempi Wetipo: Pernah Jadi Office Boy hingga Pakai Sepatu Robek (287432)
Wamen PUPR, John Wempi Wetipo bersama dengan Direktur Akademi Pariwisata Manado, Denny Kaligis yang merupakan dosennya saat kuliah di Kota Manado, Sulawesi Utara (foto: dokumen Denny Kaligis)
1. Bekerja jadi waker atau office boy selama 3 Tahun
John Wempi Wetipo menempuh pendidikan di Akademi Pariwisata Manado. Jauh dari keluarga dan hidup pas-pasan, membuat dirinya kemudian nyambi kerja sebagai Waker atau Office Boy di kampusnya. Direktur Akademi Pariwisata Manado, Denny Kaligis, mengaku dirinya melihat jika Wetipo perlu dibantu, sehingga dia diberikan pekerjaan sebagai pengurus bagian umum.
ADVERTISEMENT
"Dia sangat disiplin. Belum ada orang di kampus, dia sudah datang untuk menjalankan tugasnya. Dia juga begitu jujur, karena beberapa kali saya tinggalkan uang di dalam ruangan, tak pernah sepeserpun kurang, padahal dia selalu membuka ruangan saya dan membersihkannya," tutur Kaligis.
2. Selalu bawa Alkitab kecil semasa kuliah
Wetipo adalah orang yang religius, tapi tidak mau diketahui orang. Wetipo selalu membawa buku Alkitab kecil di dalam kantong sakunya dan selalu dibawa di mana saja dia berada.
3. Seorang resimen mahasiswa (Menwa)
John Wempi Wetipo adalah satu-satunya Menwa di Akademi Pariwisata Manado saat dirinya menjalani kuliah. Menurut Kaligis, Wetipo juga melakukan pengamanan saat Ujian Negara pertama dilaksanakan di kampus Akademi Pariwisata Manado.
ADVERTISEMENT
4. Memiliki Bahasa Inggris yang fasih
John Wempi Wetipo memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang fasih. Selain itu, Wetipo juga dikenal sebagai sosok yang pintar namun pendiam.
5. Hanya memiliki sepatu robek saat kuliah
Kaligis menuturkan Wetipo merupakan mahasiswa yang memang mendapatkan perhatian dari dirinya. Bahkan, Kaligis mengaku sering sedih ketika melihat Wetipo mengenakan sepatu robet.
6. Bukan seorang perokok dan pemabuk
Bupati Jayawijaya dua periode yang kini jadi Wamen PUPR, John Wempi Wetipo dikenal oleh seluruh rekan di kampusnya sebagai pribadi yang sangat baik. Bahkan, dirinya tak merokok dan tidak suka minum alkohol selama kuliah.
7. Kerap jalan kaki dari indekos
Sebagai mahasiswa perantauan, John Wempi Wetipo sering kehabisan dana di tengah bulan. Sembari menunggu kiriman dari orang tua, Wetipo sering menyiasatinya dengan memilih berjalan kaki untuk melakukan aktivitasnya. Bahkan, menurut Kaligis, Wetipo sering berjalan kaki dari indekosnya di Malalayang ke rumahnya di wilayah Winangun.
ADVERTISEMENT
"John sering jalan kaki. Ada teman-temannya seperti Carolus juga. Mereka kalau sudah datang, dan di saat jam makan siang, kami pasti ajak. Apa yang saya dan keluarga makan, mereka juga makan yang sama," kata Kaligis.
8. Menjadi mahasiswa dari Bupati Bolmong Yasti Supredjo
Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Supredjo Mokoagow adalah dosen yang mengajar mata kuliah Hubungan Internasional di Akademi Pariwisata Manado. John Wempi Wetipo adalah salah mahasiswa dari Yasti Supredjo Mokoagow.
isa anshar jusuf