News
·
14 Februari 2021 17:14

Ada Peringatan Dini Cuaca Ekstrim dari BMKG, Manado Terancam Banjir (Lagi)

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
Ada Peringatan Dini Cuaca Ekstrim dari BMKG, Manado Terancam Banjir (Lagi) (28122)
searchPerbesar
Banjir merendam pemukiman warga di Kota Manado. setelah hujan deras mengguyur, Jumat (22/1/2021). (foto: yaziin solichin for manadobacirita)
MANADO - BMKG kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim untuk wilayah Sulawesi Utara, Minggu (14/2) hari ini. Dalam peringatan tersebut, BMKG memprediksi akan terjadi hujan deras disertai kilat atau petir dan juga angin kencang pada pukul 17.30 Wita dan berpotensi hingga pukul 20.30 Wita nanti malam.
ADVERTISEMENT
Dalam peringatan yang diunggah di situs BMKG tersebut, wilayah di Sulawesi Utara yang akan terjadi hujan lebat adalah Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Bolmong Utara dan Kota Kotamobagu.
Namun, cuaca ekstrim ini bisa meluas hingga ke Kabupaten Minahasa, Kota Manado, Minahasa Utara dan Kota Manado. Sementara, Kota Bitung akan terimbas di wilayah Selatan dan Barat, Sangihe di bagian Selatan dan Sitaro di bagian utara.
Sementara, hujan deras sudah mulai terjadi di Kota Manado sejak pukul 17.30 WITA. Bahkan laporan dari wilayah Wonasa di Kecamatan Singkil menyebutkan jika sudah ada beberapa lokasi di mana air telah kembali memasuki rumah warga.
"Di daerah Kombos Borot atau lebih dikenal dengan Tuna Wonasa, kendaraan sudah tidak diizinkan melintas di beberapa lorong, karena air sudah sampai di jalan dan sudah masuk di beberapa rumah warga," ujar Syemuel, warga yang kebetulan melintas di daerah tersebut.
ADVERTISEMENT
Hujan deras sendiri merata terjadi di seluruh Kota Manado. Beberapa warga di Kelurahan Taas, bahkan sudah mulai kembali bersiap untuk mengungsikan barang-barang mereka.
"Jika hujan masih turun hingga jam tujuh malam, kami akan mengungsi," kata Tia, warga Kelurahan Taas.
Sekadar diinformasikan, Kota Manado mengalami banjir selama tiga pekan berturut-turut. Kejadian banjir tersebut terjadi pada 16 Januari, 22 Januari dan 29 Januari. Semuanya terjadi di akhir pekan.
manadobacirita