kumparan
18 September 2019 22:45

Bawaslu Sulut Ingin Optimalkan Peran Perempuan di Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Sulawesi Utara, Herwyn Malonda
Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pikada) serentak di tahun 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara, akan melibatkan banyak komunitas perempuan, untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada.
ADVERTISEMENT
Dikatakan Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda, tak hanya melibatkan banyak komunitas perempuan, pelibatan langsung perempuan sebagai penyelenggara, juga akan dioptimalkan.
"Kita berupaya dalam rekrutmen Panwas Kecamatan dan di desa atau kelurahan, diharapkan lebih banyak perempuan, supaya mereka bisa bersama mengawasi pemilu," kata Malonda, Rabu (18/9).
Malonda beralasan, tugas Bawaslu adalah mencegah terjadinya pelanggaran pada pemilihan kepala daerah, sehingga sosialisasi akan sangat diperlukan.
"Kami memandang, perempuan punya kelebihan dalam melakukan sosialisasi di masyarakat. Inilah yang kami inginkan, agar masyarakat lebih paham, sehingga pelanggaran justru tidak terjadi," kata Malonda.
Lanjut Malonda, keberhasilan suatu pemilu tidak hanya karena peran penyelenggara pemilu, melainkan juga karena keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk ikut mengawasi.
"Diharapkan masyarakat terlibat aktif dalam pengawasan, minimal dari sisi proses pencegahan untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang Undang-Undang atau secara etika moral yang tidak diperkenankan dilakukan," ujar Malonda kembali.
ADVERTISEMENT
oktavian mundung
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan