kumparan
26 Apr 2019 13:13 WIB

Bawaslu Tegaskan Pemerintah tak Bisa Intervensi Perhitungan Suara

Pimpinan Bawaslu Manado, Taufiq Bilfaqih
Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Manado, Taufiq Bilfaqih menegaskan jika tidak ada lembaga manapun termasuk Pemerintah, yang bisa melakukan intervensi terhadap pelaksanaan proses rekapitulasi perhitungan suara yang tengah berlangsung di masing-masing Kecamatan.
ADVERTISEMENT
Kepada manadobacirita, Bilfaqih mengungkapkan jika yang berhak berada di dalam proses rekapitulasi hanyalah, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hal ini pihak PPK, PPS dan KPPS serta Bawaslu dalam hal ini Panwas Kecamatan dan Pengawas TPS yang bertugas.
"Selain itu adalah para saksi yang harus memiliki surat rekomendasi yang dimasukan kepada PPK," kata Bilfaqih, Jumat (26/4).
Pernyataan Bilfaqih, sekaligus menganulir desas-desus yang beredar akhir-akhir ini di tengah masyarakat Kota Manado, yang menyebutkan jika pihak Badan Kesbang dan Linmas Pemerintah Kota Manado, akan ikut campur dalam proses rekapitulasi pleno perhitungan suara Kecamatan.
"Tidak boleh itu ada lembaga di luar KPU mau mencoba intervensi. Data pembandingnya juga hanya ada di Panwas. Pihak di luar saksi, panwas dan KPPS tidak berhak melakukan intervensi. Apalagi jika bilang ada data Kesbang atau Linmas, tidak boleh. Jika ada masalah buka kotak suara, lihat Plano C1," kata Bilfaqih.
ADVERTISEMENT
Bilfaqih juga meminta kepada seluruh pihak untuk menahan diri dan tidak mengeluarkan data-data yang membingungkan masyarakat, karena data valid hanyalah lewat proses rekapitulasi yang ada dan sementara berlangsung.
"Kami mohon untuk jangan ada yang berspekulasi, apalagi memperkeruh. Biarkan para penyelenggara bekerja dengan baik," kata Bilfaqih kembali.
tim manadobacirita
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan