News
·
3 Mei 2021 10:50

Bupati Dukung Penuh Peningkatan SDM dalam Penanganan Bencana di Kabupaten Sitaro

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
Bupati Dukung Penuh Peningkatan SDM dalam Penanganan Bencana di Kabupaten Sitaro (63851)
Bupati Sitaro Evangelian Sasingen berada di antara para peserta latihan bersama penanganan bencana yang digelar BPBD dan Tim Sar Pos Tahuna
SITARO - Bupati Kabupaten Sitaro, Evangelian Sasingen memberikan dukungan penuh kegiatan peningkatan SDM dalam penanganan bencana, yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Sitaro bekerjasama dengan Tim SAR Pos Tahuna akhir pekan lalu.
ADVERTISEMENT
Menurut Sasingen, kegiatan tersebut sangat penting dan dinilai sangat strategis, karena bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam penanganan bencana yang bisa terjadi kapan saja.
Tak hanya lewat pernyataan, dukungan diberikan oleh Sasingen dengan cara mengunjungi langsung Pulau Mahoro untuk memantau pelaksanaan latihan bersama dalam rangka pendalaman kemampuan dalam penanganan bencana baik yang terjadi di laut maupun yang terjadi di darat.
"Tentunya saya harus memberikan dukungan penuh, karena ini berkaitan dengan daerah Kabupaten Sitaro yang memang masuk dalam kategori daerah rawan bencana. Kegiatan latihan bersama ini sangat baik, dan perlu dilakukan secara kontinyu," kata Sasingen.
Lanjut dikatakan Sasingen, ketidaksiapan dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam akan berakibat lebih fatal ketika kualitas para petugas di lapangan tidak memadai.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu penting untuk terus dilakukan pengembangan dan peningkatan kemampuan diri dari para petugas.
"Dari Utara Sulawesi Utara, Kabupaten Sitaro dan daerah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saya menyatakan siap untuk selamat," katanya kembali.
Sekadar diinformasikan, kondisi geografis Kabupaten Kepulauan Sitaro memang memiliki tingkat kerawanan terjadinya bencana alam di beberapa wilayahnya. Selain memiliki salah satu gunung api paling aktif di Indonesia, bencana angin puting beliung yang menyebabkan terjadinya banjir bandang juga sering terjadi di daerah dengan sebutan 47 pulau ini.
franky salindeho