Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Wilayah Kepulauan di Manado Terkendala Cuaca

Konten Media Partner
12 Februari 2024 9:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Distribusi Logistik Pemilu 2024 menggunakan perahu di Kota Manado, Sulawesi Utara.
zoom-in-whitePerbesar
Distribusi Logistik Pemilu 2024 menggunakan perahu di Kota Manado, Sulawesi Utara.
ADVERTISEMENT
MANADO - Distribusi logistik Pemilu 2024 untuk wilayah kepulauan di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), terkendala cuaca buruk yang terjadi sejak Sabtu (10/2).
ADVERTISEMENT
Namun demikian, walaupun sempat dihentikan sementara, pendistribusian akhirnya tetap dilanjutkan dengan berbagai upaya. Adapun wilayah kepulauan di Kota Manado adalah Kecamatan Bunaken Kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau terpisah, seperti Bunaken dan Manado Tua.
Ketua Bawaslu Kota Manado, Brilliant Maengko, yang ikut mengawal proses distribusi logistik ke pulau Bunaken membenarkan hal itu. Menurutnya, cuaca buruk mulai dari angin kencang, hujan deras hingga gelombang, menjadi catatan tersendiri dalam pendistribusian ini.
"Memang sempat terkendala, tapi akhirnya bisa terdistribusi. Memang sempat disetop pendistribusian dengan alasan keselamatan yang memang lebih penting," kata Brilliant.
Brilliant sendiri memastikan jika proses distribusi logistik ini dalam kondisi aman dan terjaga walaupun sempat terkendala. Menurutnya, Bawaslu yang ikut memantau langsung, ikut membantu agar logistik yang dibawa benar-benar aman dan tidak bisa diakses oleh pihak luar.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga berlaku ketika logistik telah sampai di kepulauan, di mana Panwascam yang ada, akan bertugas melakukan pengawasan logistik tersebut tetap aman dan tidak ada hal-hal yang bisa merusak logistik tersebut.
"Pihak Bawaslu akan terus mengawal distribusi logistik hingga mengawasi saat sudah berada di tempat penyimpanan sebelum didistribusikan ke masing-masing TPS. Ini penting agar logistik yang ada benar-benar aman dan layak digunakan saat hari pemungutan suara," ujar Brilliant kembali.
manadobacirita