kumparan
14 Sep 2019 11:51 WIB

Frili Pemunda, Gadis dengan Tumor Wajah Jalani Rangkaian Operasi

Frili Sisilia Pemunda, gadis dengan tumor wajah terbaring lemah di rumah sakit yang ada di Kota Manado, Sulawesi utara
Frili Sisilia Pemunda, gadis asal Desa Binsil, Kecamatan Bualemo, Kabupaten Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah, yang menderita tumor wajah, sudah memulai rangkaian operasi pengangkatan tumor serta pemasangan rahang palsu di area wajahnya, Jumat (13/9).
ADVERTISEMENT
Menurut Martha Labao, ibu Frili, anaknya sudah masuk rumah sakit sejak sepekan lalu, hal ini untuk menstabilkan kondisi Frili sebelum operasi.
"Ada persoalan karena hemoglobin (Hb) dari anak saya turun. Anak saya memang susah tidur karena merasakan nyeri. Jadi setiap tidur malam, pasti baru beberapa jam terbangun karena nyeri di wajahnya. Jadi, sudah disuruh nginap," ujar Martha, saat ditemui di rumah sakit, Sabtu (14/9).
Martha berharap proses operasi Frili bisa berjalan dengan lancar. "Saya memohon doa dari semua yang mengenal Frili agar semua operasinya baik, dari pengangkatan tumor hingga pemasangan rahang pengganti berjalan dengan baik. Saya juga ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu selama ini," kata wanita yang akrab disapa Sin ini.
ADVERTISEMENT
Frili sudah 6 tahun menderita tumor di bagian wajahnya. Tepatnya di tahun 2013, penyakit tersebut muncul pertama kali. Tumor tersebut semakin membesar, sehingga membuat sebagian wajahnya bengkak. Ketika berbicara, suaranya terdengar sangat lemah karena setengah bagian mulutnya tampak tertarik ke samping akibat pembengkakan tersebut.
Untuk menjalani pengobatan, gadis yang lahir pada 22 September 2000 itu, terpaksa menumpang di rumah kenalannya di Kelurahan Ranomut, Kecamatan Paal 2, Kota Manado, Sulawesi Utara, sejak 23 Juli 2019. Sebab, rumah sakit yang jadi rujukan operasi tumor itu berada di Manado.
isa anshar jusuf
F
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan