News
·
10 Juli 2021 9:14
·
waktu baca 1 menit

Gempa Bumi Terjadi di Talaud, Terasa Hingga Manado

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
Gempa Bumi Terjadi di Talaud, Terasa Hingga Manado (513108)
searchPerbesar
Ilustrasi Gempa. Foto: Indra Fauzi/kumparan
MANADO - Gempa bumi terjadi di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (10/7) pagi ini. Tak hanya sekali, gempa dirasakan oleh warga hingga dua kali.
ADVERTISEMENT
Informasi dari BMKG, gempa bumi pertama terjadi pada pukul 08.43 WITA, dengan kekuatan 6,2 magnitudo. Pusat gempa sendiri ada pada kedalaman 10 Km, dengan titik koordinat 2,99 lintang selatan dan 126,63 bujur timur, dengan jarak 112 Km Barat Daya Melonguane, Talaud.
Masih dari BMKG, gempa yang terasa dua kali tersebut, justru ternyata hingga tiga kali. Adapun gempa susulan terjadi pada pukul 08.51 WITA dengan kekuatan 5,8 magnitudo dan pada pukul 08.58 WITA dengan kekuatan 5,1 magnitudo.
BMKG sendiri merilis pernyataan jika gempa tidak berpotensi terjadi tsunami.
Sementara itu, gempa yang terjadi di Talaud, ikut dirasakan oleh warga di Kota Manado. Sejumlah warga menuliskan kepanikan mereka di kolom status facebook mereka.
ADVERTISEMENT
"Iya dapa rasa sekali tadi ada gempa. Kita kira rasa pusing lantaran nda ja tidur bauni bola. Ternyata memang ada gempa. Sampe dua kali dapa rasa. (Ia, sangat terasa tadi ada gempa. Saya kira, saya pusing akibat tidur teratur karena nonton bola. Ternyata memang karena gempa. Sampai dua kali terasa)," ujar Faldy, salah satu warga di Manado.
Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan dari Kabupaten Kepulauan Talaud. Namun, pascagempa banyak yang mengeluhkan jaringan telepon seluler mengalami gangguan.
manadobacirita