News
·
10 April 2021 23:29

Industri Kopi Kotamobagu Punya Masa Depan Cerah, DPRD: Pemerintah Harus Bantu

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
Industri Kopi Kotamobagu Punya Masa Depan Cerah, DPRD: Pemerintah Harus Bantu (143472)
Anggota DPRD Kota Kotamobagu Jusran Mokolanut (baju putih) saat berbicara pada agenda sharing session terkait industri Kopi di Kotamobagu
KOTAMOBAGU - Sharing Session bertajuk 'Dari hulu hingga hilir Kopi Kotamobagu' yang merupakan bagian dari kegiatan Kotamobagu Fun Battle, Sabtu (10/4) malam ini, memunculkan harapan besar jika industri kopi bisa menjadi salah satu penyangga perekonomian di daerah Kota Kotamobagu.
ADVERTISEMENT
Anggota DPRD Kota Kotamobagu, Jusran Mokolanut yang menjadi salah satu pembicara mengatakan, saat ini industri kopi bisa menjadi harapan untuk masyarakat, karena telah menjadi salah satu penyumbang kontribusi ekonomi di daerah tersebut.
Untuk itu, Jusran berharap ada campur tangan dari pemerintah Kota Kotamobagu agar perkembangan industri ini bertumbuh dengan cepat dan berkembang menjadi lebih baik, sehingga bisa memberikan efek baik untuk perekonomian masyarakat.
"Melihat perkembangan industri saat ini, saya harus mengatakan jika pemerintah harus ikut campur tangan. Bantu para pelaku industri ini, mulai dari hulu hingga hilir," kata politisi PKB ini.
Sementara, Galli Mokoagow, seorang pelaku industri sekaligus barista kopi mengatakan jika saat ini, di Kota Kotamobagu, problem utama dari industri kopi adalah bahan baku yang masih kurang. Dikatakannya, hal ini memerlukan sinergi yang baik mulai dari para petani.
ADVERTISEMENT
"Sinergi dari hulu ke hilir harus diperkuat dan dipersiapkan, agar industri kopi di Kota Kotamobagu bisa berkembang dengan baik," ujar Galli.
Arya Wahastrana, seorang roaster menitikberatkan penjelasan tentang pentingnya peran roaster dalam memberikan edukasi petani, agar nilai historis dan kualitas kopi Kotamobagu bisa naik dan terkenal ke seluruh nusantara.
"Peran roaster juga harus bisa mendelievery rasa yang sudah diproses oleh petani bisa sampai ke barista, sehingga bisa disajikan dengan baik," kata Arya kembali.
Kotamobagu Fun Battle sendiri merupakan kompetisi perdana yang dilaksanakan di Kota Kotamobagu dengan menghadirkan barista dari seluruh wilayah Sulawesi Utara dan juga Gorontalo.
manadobacirita