kumparan
KONTEN PUBLISHER
29 Agustus 2019 5:52

Karhutla Melanda 4 Lokasi di Minahasa, Sulut: Kabel PLN Ikut Terbakar

kebakaran hutan di minahasa.jpg
Petugas pemadam kebakaran bersusah payah memadamkan api yang membakar lahan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.
Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Tak tanggung-tanggung, kebakaran terjadi di empat titik lokasi berbeda, Rabu (28/8).
ADVERTISEMENT
Keempat lokasi tersebut: Desa Sawangan di Kecamatan Tombulu, Desa Kali dan Desa Warembungan di Kecamatan Pineleng, serta Kelurahan Tounkuramber di Kecamatan Tondano Barat.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Johanis Pesik, melalui Kabid Kedaruratan Alex Dotulong, mengatakan bahwa kebakaran di Tounkuramber bahkan merembet hingga membakar beberapa jaringan kabel PLN. Padahal, kebakaran terjadi di lahan kosong area perkebunan Waruwu dan Toubeke.
"Untuk memadamkan api, kami meminta kantor pemadam kebakaran melakukannya. Memang api cepat menyebar karena banyak rumput kering, akibat sudah lama tidak ada curah hujan," kata Dotulong.
Sementara itu, Kapolres Minahasa, AKPB Denny Situmorang SIK, melalui Kasubbag Humas Iptu Fredy Pelengkahu, menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran lahan yang terjadi.
ADVERTISEMENT
"Namun jaringan listrik yang melintas di lahan itu terbakar dan untuk kerugian akibat kebakaran, belum bisa dipastikan lantaran ada beberapa lahan perkebunan warga juga yang terbakar," kata Pelengkahu.
Dugaan awal, pemicu kebakaran lahan itu adalah adanya warga yang membuang puntung rokok ketika melintas di perkebunan tersebut.
"Diduga ada warga yang sengaja ingin membuka lahan dengan cara membakar lahan. Tapi untuk ini perlu dilakukan lidik lanjut," jelasnya.
"Saat ini pihak kepolisian sudah turun ke lokasi. Di mana petugas melakukan pengumpulan bahan dan keterangan atas kejadian itu," lanjut Pelengkahu.
marcelino t
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan