News
·
10 April 2021 12:01

Kotamobagu Fun Battle, Kompetisi Barista Kopi dan Sharing Session Soal Industri

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
Kotamobagu Fun Battle, Kompetisi Barista Kopi dan Sharing Session Soal Industri (72184)
Barista Kopi menyajikan racikan kopi mereka. (foto: istimewa)
KOTAMOBAGU - Ajang kompetisi sekaligus sharing session terkait industri kopi bertajuk Kotamobagu Fun Battle, Sabtu (10/4) hari ini dilaksanakan di Circle Coffe, Matali, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.
ADVERTISEMENT
Kegiatan yang diikuti oleh puluhan barista kopi dari wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo ini, memilih tajuk tema 'Grow Locally Reach Globally' ini, menghadirkan dua orang barista dan roster yang akan mengisi kegiatan sharing maupun menjadi juri pada ajang kompetisi barista.
Kompetisi yang baru pertama kali dilaksanakan di Kotamobagu ini sendiri, merupakan inisiasi para pelaku industri kopi di daerah tersebut, dengan harapan mampu menampilkan skil para peserta, sekaligus menyampaikan pesan kepada masyarakat, jika menjadi seorang barista itu juga punya keahlian yang harus dipelajari.
"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan skil sekaligus kompetensi barista terbangun sejak dini dan mampu bersaing dengan barista kelas nasional," kata Arya Wahastrana, Roaster and Asessor Barista Indonesia, yang merupakan salah satu inisiator kegiatan ini.
ADVERTISEMENT
Lanjut menurut Arya, alasan melaksanakan kegiatan tersebut di Kotamobagu, karena melihat pesatnya perkembangan industri kopi di Kotamobagu dan Sulawesi Utara secara umum, serta semakin maraknya UMKM di Kotamobagu yang bergerak di bidang tersebut.
"Karena kami lihat perkembangannya begitu pesat, kami berinisiatif agar supaya, bagaimana semua UMKM ini bisa menampilkan yang terbaik. Makanya, kami laksanakan kegiatan ini. Tak hanya kompetisi tapi juga saling berbagi pengalaman," kata Arya.
Ketua Pelaksana Fun Battle, Galli Mokoagow mengatakan, untuk kompetisi Barista Championship, para peserta akan diberikan waktu enam menit untuk mempersiapkan dan menyajikan kopi sesuai dengan metode yang mereka gunakan, di mana setelah itu akan dinilai oleh tiga juri utama.
"Tantangannya disini, kopi yang digunakan telah disiapkan oleh panitia. Jadi, ini benar-benar menguji kemampuan dari para barista. Nanti, akan ada tiga barista terbaik yang dipilih," tutur Gallih yang juga Barista sekaligus juri dalam kegiatan ini.
ADVERTISEMENT
"Dalam kegiatan ini kami juga berkesempatan untuk bersama dengan semua pelaku industri kopi termasuk dengan para petani kopi itu sendiri. Harapannya, nanti akan ada kegiatan ini lebih besar dengan skala tentunya nasional. Dari Kotamobagu menuju event se Sulawesi Utara dan nasional," kata Gallih kembali.
manadobacirita