kumparan
KONTEN PUBLISHER
16 Februari 2020 11:46

KPU Manado Genjot Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2020

rapat koordinasi perekuratn pps.jpg
KPU Kota Manado bersama dengan Stakeholder dalam rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada 2020
Komisioner KPU Kota Manado, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Abdul Gafur Subaer, menegaskan jika seluruh masyarakat Kota Manado yang telah memenuhi syarat, memiliki hak yang sama untuk memilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
ADVERTISEMENT
Dikatakan Subaer, pihak KPU selalu berkomitmen untuk menjaga seluruh hak pilih masyarakat, termasuk dengan terus melakukan koordinasi dan juga pemutakhiran data pemilih terbaru.
Namun demikian, Subaer berharap agar masyarakat dan juga para stakeholder mau bersama-sama dengan KPU dalam menjaga hak pilih tersebut. Pasalnya, dia mengaku tak bisa berjalan sendiri untuk melakukan pemutakhiran data tersebut.
"Dalam pemutakhiran data pemilih, KPU Kota Manado tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu kami terbuka bagi siapa saja yang akan memberi tanggapan ataupun masukan yang dapat membuat data pemilih lebih berkualitas," kata Subaer.
Menurutnya, pihak KPU juga memerlukan data pemilih paling baru dan akurat, sehingga akan menjadi dasar atau basis data paling awal, dalam melakukan tahapan awal terkait penganggaran logistik dan berbagai perlengkapan pemilih lainnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, KPU Manado telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Daftar Pemilih bersama stakeholder, Kamis (13/2) di Aula KPU Kota Manado. Dalam rakor ini, juga dihadiri Bawaslu Kota Manado, Dinas Kesehatan Kota Manado dan Perwakilan rumah sakit RSUP Prof Kandou, Siloam Hospitals Manado, RSU Pancaran Kasih, RS Permata Bunda dan RS Tingkat IV Lanud Sam Ratulangi.
Rakor tersebut juga bertujuan menginventarisir permasalahan yang akan muncul di lapangan nantinya dan secara bersama-sama mencari solusinya.
Dalam Rakor tersebut, Ketua KPU Kota Manado, Jusuf Wowor mengatakan data pemilih tetap adalah hal paling awal untuk diperhatikan memasuki tahapan persiapan Pilkada 2020.
"Kami memang meminta seluruh pihak agar diharapkan dapat membantu kelancaran pemutakhiran dan pencocokan data pemilih tetap," ujar Wowor.
ADVERTISEMENT
muid djalal/manadobacirita
PENGUMUMAN TAHAPAN PEREKRUTAN PPS KELURAHAN DI KOTA MANADO
perekrutan pps kpu manado.jpg
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan