kumparan
KONTEN PUBLISHER
27 Februari 2019 14:30

KPU Sitaro Siapkan Dua Opsi Untuk Pengungsi Erupsi Karangetang

pengungsi gunung karangetang di shelter bpbd sitaro.jpg
Suasana di Shelter Pengungsian korban Erupsi Gunung Karangetang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara
KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), menyiapkan dua buah opsi untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Karangetang, yang hingga kini belum bisa kembali ke rumah mereka masing-masing.
ADVERTISEMENT
Dijelaskan Ketua KPU Sitaro, Stevo Kaaro, opsi tersebut adalah pendirian Tempat Pemungutan Suara (TPS) baru di Shelter pengungsian, dan opsi kedua adalah petugas KPPS akan mendatangi para pemilih di lokasi pengungsian.
"Untuk opsi pembangunan TPS baru, dilihat dulu apakah jumlah pemilih di Shelter sudah memenuhi kuota setengah dari yang diamanatkan dalam aturan undang-undang," kata Kaaro.
Sementara, terkait lima Kepala Keluarga (KK) di Desa Batubulan yang direlokasi ke Desa Kawahang, Kaaro menjelaskan jika mereka akan diberikan Formulir A5 (Pindah Pemilih).
"Khusus pengungsi dan warga yang masih terisolasi di Desa Batubulan untuk lokasi TPS-nya tidak berubah. Hasil survey kami lalu, lokasinya masih cukup aman," kata Kaaro kembali.
Sekadar diinformasikan, hingga saat ini, masyarakat yang tinggal di Shelter Pengungsian belum diijinkan kembali ke rumah. Hal ini dikarenakan aktifitas Gunung Karangetang masih terus terjadi. Terakhir, Senin (25/2), percikan sinar api kembali terlihat di dua kawah Gunung Karangetang.
ADVERTISEMENT
Franky Salindeho
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan