kumparan
14 Jul 2019 5:46 WIB

Lestarikan Danau Tondano, Pemerintah Minahasa Minta Bantuan Pusat

Alat berat yang tengah melakukan pembersihan eceng gondok dari Danau Tondano di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara serta Kabupaten Minahasa saat ini tengah berusaha melobi Presiden RI, Ir Joko Widodo serta Kementerian Lingkungan Hidup untuk memberikan perhatian khusus terkait pelestarian danau Tondano, yang memiliki peranan besar untuk kehidupan masyarakat di Sulawesi Utara.
ADVERTISEMENT
Hal ini seperti disampaikan, Bupati Kabupaten Minahasa, Royke O Roring. Menurutnya, keberadaan Danau Tondano yang sangat penting untuk kepentingan banyak orang, perlu untuk terus dilestarikan keberadaannya.
"Danau Tondano adalah sumber air hidup bukan hanya rakyat Minahasa tetapi juga Sulawesi Utara. Danau Tondano ini mengalir lewat satu sungai dan dijadikan kebutuhan banyak orang. Salah satunya menjadi pemutar turbin yang menghasilkan energi listrik," kata Roring.
Menurut Roring, pemerintah daerah secara jujur harus meminta bantuan dari pusat, agar persoalan di danau Tondano bisa teratasi dengan baik.
"Kami sadar tanpa kepedulian terhadap lingkungan ini, sama dengan menghilangkan masa depan generasi-generasi penerus kita," kata Roring kembali.
marcelino t
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan