kumparan
Politik10 April 2019 8:13

Mengenal Richard Sualang, Legislator Manado yang Merakyat

Konten Redaksi Manado Bacirita
richard sualang jaket.jpg
Richard Sualang memakaikan jaket kepada seorang lanjut usia yang hadir dalam diskusinya di salah wilayah Kota Manado, Selasa (9/4) malam.
Menjadi anggota DPRD Kota Manado sejak periode 2009-2014, dr Richard H Sualang, dinilai masih menjadi pribadi yang tetap santun dan ingin terus menjalin pergaulan seluas-luasnya. Tidak ada sekat yang membatasi masyarakat dengan politisi PDI Perjuangan ini.
ADVERTISEMENT
Setidaknya, hal inilah yang disampaikan beberapa masyarakat di Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang, yang setia mendukung Richard Sualang terpilih 2 periode menjadi legislator DPRD Kota Manado daerah pemilihan Sario-Malalayang.
"Orangnya baik, ramah dan tentunya hormat dengan orang tua, tapi tidak mau membeda-bedakan orang dalam pergaulan. Makanya, selama dia calonkan diri, kami sudah punya pilihan," ujar Tante Ninot, penjual Tinutuan.
richard sualang bencana.jpg
Richard Sualang saat memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban banjir Kota Manado Februari 2019. Dirinya turun langsung hingga membantu di dapur umum
Suami dr Merry Mawardi ini mengawali perjalanan politiknya setelah terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Manado periode 2009-2014. Sualang berhasil unggul jauh dari para pesaingnya di daerah pemilihan Sario-Malalayang.
Dilantik pada bulan Agustus 2009, Sualang memilih untuk duduk di Komisi D yang membidangi Kesejahteraan, Sosial, Pendidikan dan Kesehatan. Alasannya, selain karena basic seorang dokter, dia tak ingin jauh-jauh dari hal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Pemberian pelayanan pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat yang layak serta gratis lewat program pemerintah, harus diperjuangkan dari lembaga dewan. Saya melihat, Komisi D yang paling dekat dengan itu," tutur Sualang sesaat setelah dirinya terpilih menjadi Ketua Komisi D tahun 2009.
richard sualang berdoa.jpg
dr Richard H Sualang adalah seorang Penatua atau pimpinan Jemaat wilayah Malalayang, Kota Manado
Perjuangan Sualang dan koleganya di Komisi D akhirnya memunculkan banyak program pro rakyat yang disepakati bersama Pemerintah Kota Manado. Diantaranya adalah program Universal Coverage, pertanggung jawaban biaya kesehatan untuk masyarakat yang menggunakan kas daerah.
Sualang sendiri juga terkenal orang yang tak gegabah dan memiliki sifat tenang dalam berpolitik. Hal ini terlihat saat dirinya tak memanfaatkan posisinya sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado untuk duduk di kursi pimpinan DPRD Kota Manado di periode 2009-2014. Dirinya menyerahkan kursi pimpinan kepada James Karinda.
ADVERTISEMENT
Bahkan, ketika Karinda nyata-nyata berpindah partai, Sualang lebih memilih untuk mengikuti prosedur yang ada dan sesuai dengan aturan. Baru setelah Karinda akhirnya di PAW, Sualang lantas dilantik menjadi pimpinan DPRD Kota Manado pada November 2013.
Sikap merakyat yang terus ditunjukan Sualang, kembali mengantarkannya terpilih kembali di periode 2014-2019. Kali ini Sualang juga berhasil menjadi peraih suara terbanyak se Kota Manado dengan total perolehan 3.197 suara.
richard sualang gobbers.jpg
Diskusi bersama dengan komunitas pengemudi ojek yang ada di Kota Manado
Sukses di pemilihan legislatif, Sualang juga sukses terpilih kembali menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado. Sualang dipilih secara aklamasi oleh 11 pengurus Kecamatan se Kota Manado.
Sementara, pada periode 2019-2024 ini, Sualang memilih untuk mencalonkan diri untuk DPRD Provinsi Sulawesi Utara daerah pemilihan Kota Manado. Menurutnya, harus ada regenerasi yang dilakukan, dimana jika dirinya kembali mencalonkan di daerah tingkat 2, kader-kader muda potensial PDI Perjuangan akan sulit untuk diorbitkan.
ADVERTISEMENT
"Kader muda PDI Perjuangan itu semakin banyak dan sangat potensial. Untuk itu, saya memilih untuk memberikan peluang yang sama untuk para kader muda ini, dimana saya kemudian maju di tingkat 1 provinsi Sulawesi Utara," tutur Sualang.
Sualang sendiri kini tengah gencar melakukan sosialisasi di seluruh Kota Manado. Namun, tak hanya mensosialisasikan dirinya sendiri, Calon Presiden Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin juga terus disosialisasikannya. Tak jarang, setelah berdiskusi dengannya, banyak masyarakat memilih mendeklarasikan dukungan untuk Capres petahana tersebut.
"Kita harus sosialisasikan juga orang baik yang ingin kerja nyata untuk Indonesia," kata Sualang, Selasa (9/4), sesaat setelah deklarasi millenial untuk Jokowi-Ma'ruf di Bahu Kecamatan Malalayang.
isa anshar jusuf
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan