News20 Juli 2020 17:58

PDI Perjuangan Jagokan Kader Asli di Pilkada Manado

Konten Redaksi Manado Bacirita
PDI Perjuangan Jagokan Kader Asli di Pilkada Manado (793672)
Logo PDI Perjuangan
MANADO - PDI Perjuangan nampaknya akan mengusung kader asli dari partai berlambang banteng moncong putih ini pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Manado yang akan dilaksanakan Desember mendatang.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan dua edisi Pilkada sebelumnya yang mengusung calon Wali Kota bukan dari kader partai, kali ini, PDI Perjuangan telah mempersiapkan Andrei Angouw dan dr Richard H Sualang, untuk mencoba mematahkan mitos jika PDI Perjuangan selalu kalah pada Pilkada di ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini.
Berdasarkan informasi yang diperoleh manadobacirita, kedua kader potensial ini akan dipasangkan sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado. Apalagi, keduanya memang terkenal sebagai kader PDI Perjuangan yang memiliki massa real di lapangan.
PDI Perjuangan Jagokan Kader Asli di Pilkada Manado (793673)
Andrei Angouw - dr Richard H Sualang (foto: istimewa)
Andrei Angouw yang kini menjabat Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, sudah membuktikan selama tiga periode selalu terpilih sebagai legislator Sulut dari daerah pemilihan Kota Manado. Karirnya di PDI Perjuangan pun bukan tak mentereng. Selama dua periode, pria berkacamata ini juga dipercaya sebagai Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara.
ADVERTISEMENT
dr Richard H Sualang juga tak kalah hebat. Dirinya pernah menjabat posisi pimpinan DPRD Kota Manado pada periode 2014-2019. Pada periode sebelumnya, dirinya juga sudah terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Manado dengan jabatan sebagai Ketua Komisi D bidang kesejahteraan.
Selain itu, dr Richard H Sualang juga adalah ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado dua periode yang berhasil mengantarkan PDI Perjuangan sebagai jawara Pemilihan Legislatif di Kota Manado. Bagaimana tidak, PDI Perjuangan berhasil meraih 10 kursi di DPRD Kota Manado dan berhasil mengantarkan tiga legislator ke DPRD Sulut.
Sejumlah kader PDI Perjuangan di Kota Manado pun menyambut hangat pasangan ini. Mereka menilai, PDI Perjuangan harus berani memajukan kader asli, karena berkaca dari dua pemilihan sebelumnya yang mengusung calon dari luar partai, justru membuat mesin partai kurang berfungsi sepenuhnya.
ADVERTISEMENT
"Tentunya saja jika yang diusung kader asli, pasti juga akan didukung penuh mesin partai. Bagaimana kita melihat pak Olly Dondokambey dan pak Steven Kandouw pada Pemilihan Gubernur, begitu juga yang akan terjadi jika kader sendiri yang dimajukan di Kota Manado," ungkap Ronny, kader PDI Perjuangan asal Singkil.
Namun, hingga saat ini, kepastian siapa yang akan diusung PDI Perjuangan pada Pilkada Manado memang belum ada. Bahkan, pada pengumuman dan pemberian SK yang dilaksanakan pekan kemarin, pasangan yang akan dijagokan di Kota Manado belum diumumkan.
PDI Perjuangan Jagokan Kader Asli di Pilkada Manado (793674)
Calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Runtuwene
Sementara itu, beberapa calon yang sudah mulai bermunculan saat ini, hingga kini belum juga mendapatkan kepastian. Lobi partai masih dilakukan, mengingat selain PDI Perjuangan, tidak ada lagi partai politik di Kota Manado yang berhasil meraih 20 persen jumlah kursi parlemen sebagai syarat bisa mengusung calon pada Pilkada.
ADVERTISEMENT
Nama-nama seperti Julyeta Paulina Runtuwene yang akan berpasangan dengan Harley Mangindaan maupun Mor Dominus Bastiaan yang akan berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw, belum secara resmi mendapatkan SK dari gabungan partai.
Namun, khusus untuk pasangan Julyeta Paulina Runtuwene-Harley Mangindaan sudah berhasil melobi beberapa partai politik seperti Gerindra, Hanura, PSI dan Perindo yang juga ditotal jumlah kursi telah berjumlah delapan atau pas untuk mengusung calon.
"Memang sudah berhasil di lobi, tapi tinggal penyelesaian di tingkat DPP saja. Kalau sudah selesai, tentu sudah akan ada SK. Dan itu sudah pas untuk maju untuk melawan PDI Perjuangan," ujar sumber yang meminta namanya untuk tidak dipublish.
manadobacirita
PDI Perjuangan Jagokan Kader Asli di Pilkada Manado (793675)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white