kumparan
12 Maret 2019 10:13

Pemda Konsultasikan Penanganan Pasca Erupsi Gunung Karangetang di BNPB

pemkab sitaro konsultasi di bnpb soal gunung karangetang.jpg.jpg
Wakil Bupati Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) saat bertemu dengan kepala BNPB dan jajaran, untuk melakukan konsultasi penanganan bencana pasca erupsi gunung karangetang
PEMERINTAH Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, sejak Senin (11/3) melakukan konsultasi ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terkait dengan penanganan pasca erupsi Gunung Karangetang, Februari 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Konsultasi yang dipimpin Wakil Bupati Jhon H Palandung diterima Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Dalam kesempatan tersebut, Palandung juga menyerahkan proposal permintaan bantuan penanganan darurat.
Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro, Bob Wuaten yang dihubungi, Selasa (12/3) pagi ini menyebutkan, permintaan dalam proposal tersebut diantaranya terkait bantuan pembukaan akses jalan darat, penanganan pengungsi yang masih berada di shelter dan giat lainnya.
"Dari BNPB mengapresiasi dan mengusahakan untuk memberi dukungan kepada pemerintah daerah, dalam proses pemulihan di daerah," katanya Wuaten.
Sekadar diinformasikan, penanganan pasca gunung Karangetang erupsi, telah dilaksanakan pemerintah dimana yang paling awal adalah membuka akses jalan baru antara Desa Nameng dan Batubulan yang terisolasi karena guguran lava.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, kondisi keuangan kas pemerintah daerah tidak sanggup untuk membiayai secara keseluruhan.
Franky Salindeho
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan