News
·
16 April 2021 10:52

Pemerintah Kota Bitung Usulkan Pembukaan Rute Kapal Feri ke Bolmong

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
Pemerintah Kota Bitung Usulkan Pembukaan Rute Kapal Feri ke Bolmong (88757)
Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri saat melakukan pertemuan dengan Kemenhub
BITUNG - Pemerintah Kota Bitung mengusulkan pembukaan rute kapal feri dari Pelabuhan Bitung ke Pelabuhan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Hal ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di Kota Cakalang dan juga wilayah Sulawesi Utara (Sulut) secara umum.
ADVERTISEMENT
Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri mengatakan, usulan tersebut telah disampaikannya kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Saat pertemuan dengan Kemenhub itu, Maurits mengaku telah meminta agar dilakukan feasibility study terkait dengan pengembangan atau pengusulan lintasan penyeberangan baru yaitu Bitung-Bolmong
"Di mana dengan adanya lintas penyeberangan baru, diharapkan akan mendorong pertumbuhan dan simpul ekosistim transportasi berupa pendistribusian hasil perkebunan (kopra), dan hasi pertanian lainnya antara Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kota Bitung," ujarnya.
Selain itu, MM sapaan akronimnya mengatakan, adanya jalur penyeberangan baru ini, akan berdampak positif pada peningkatan jual beli komoditas unggulan serta potensi-potensi baru yang bisa dikembangkan.
Di sisi lain, Mantiri menjelaskan jika jalur perdagangan baru antara Bitung-Bolmong, diharapkan bisa menyediakan suplai kopra yang melimpah serta dapat memangkas biaya transportasi, sehingga menciptakan kestabilan harga komoditas.
ADVERTISEMENT
"Semoga usulan ini bisa diterima oleh kementerian, sehingga nantinya dampak yang diberikan akan baik untuk masyarakat dan juga industri," ujar politisi PDI Perjuangan ini.
Don Ray Papuling