Perajin di Kabupaten Sitaro Didorong Mampu Hasilkan Produk yang Kompetitif

Konten Media Partner
4 Maret 2024 22:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penjabat Bupati Sitaro, Joi Eltiano B Oroh (tengah) memimpin jalannya kegiatan pelantikan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sitaro,
zoom-in-whitePerbesar
Penjabat Bupati Sitaro, Joi Eltiano B Oroh (tengah) memimpin jalannya kegiatan pelantikan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sitaro,
ADVERTISEMENT
SITARO - Penjabat Bupati Sitaro, Joi Eltiano B Oroh, mendorong agar para perajin di daerah Kabupaten Sitaro mampu menghasilkan produk yang kompetitif, berkualitas, unik dan tentu saja memiliki nilai jual tinggi di pasaran.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Joi mengajak semua perajin di daerah agar terus berkreasi, berkarya dan berkontribusi, sehingga cita-cita produk perajin lokal dikenal lebih luas bisa terwujud.
"Nantinya produk kerajinan milik daerah yang punya nilai itu akan menjadi daya tarik sekaligus identitas daerah kepada wisatawan maupun masyarakat yang datang berkunjung ke Kabupaten Sitaro," ujar Joi saat melantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sitaro, di Auditorium Kantor Bupati, Senin (4/3).
Menurut Joi, di era yang makin dinamis atau terus bergerak maju, maka tantangan dan peluang di bidang kerajinan juga semakin besar dan beragam.
Namun di satu sisi semua pihak yang berkecimpung di bidang kerajinan tersebut harus mampu menjaga dan melestarikan nilai tradisi, budaya dan kearifan lokal yang terkandung dalam produk kerajinan yang dihasilkan.
ADVERTISEMENT
"Kita dituntut berinovasi dan beradaptasi dengan berbagai perkembangan teknologi, keinginan pasar, maupun ekspektasi konsumen yang semakin berubah dan bervariasi," ujar Joi.
Terkait dengan kehadiran Dekranasda sebagai lembaga yang berperan penting dalam mengembangkan dan memajukan sektor kerajinan di daerah, Joi berharap para pengurus Dekranasda mampu membawa kerajinan menjadi salah satu sumber pendapatan dan kesejahteraan bagi masyarakat.
"Oleh karena itu saya berharap kepada semua pengurus Dekranasda Kabupaten Sitaro yang baru dilantik, agar dapat bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh stakeholders untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan," ujarnya kembali.
Sementara, Ketua TP PKK Sitaro Ny Maya Oroh-Rumengan resmi dilantik sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Sitaro lewat SK Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara Nomor: 02/DEKRANASDA PROV/SK/1/2024 tentang Pengesahan Pengangkatan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sitaro.
ADVERTISEMENT
franky salindeho