News
·
28 September 2020 11:59

Pilkada Manado: Bawaslu Awasi Aktivitas Media Sosial ASN

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
Pilkada Manado: Bawaslu Awasi Aktivitas Media Sosial ASN (42931)
Ilustrasi orang menggunakan gadget untuk mengakses media sosial
MANADO - Media sosial atau biasa disebut medsos menjadi salah satu hal yang diawasi oleh Bawaslu selama masa kampanye Pilkada Manado berlangsung. Salah satu yang paling diawasi adalah aktivitas medsos Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam masa kampanye ini.
ADVERTISEMENT
Komisioner Bawaslu Manado Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan antar Lembaga, Taufik Bilfaqih mengatakan, aktivitas medsos dari ASN wajib dipantau, karena mereka adalah abdi negara yang tidak boleh menunjukan dukungan mereka secara terang-terangan kepada calon kepala daerah.
"Termasuk dengan yang hanya pakai simbol atau bahasa-bahasa menyerempet atau istilahnya modus. Itu tidak bisa karena status mereka adalah abdi negara yang harus netral walaupun tetap memiliki hak politik dalam memilih," tutur Bilfaqih.
Sementara, penertiban bahan kampanye juga sudah mulai dilakukan oleh Bawaslu Manado bekerjasama dengan Satpol PP. Menurutnya, penertiban sudah mulai dilaksanakan pada pekan lalu, dimana mereka menyasar bahan kampanye yang dipasang sendiri oleh pasangan calon.
Menurut Bilfaqih, tim sukses pasangan calon termasuk LO atau penghubung, harus melakukan penertiban secara mandiri bahan kampanye, karena jika tidak, bawaslu yang akan melakukan penertibannya.
ADVERTISEMENT
"Bahan Kampanye nantinya akan disediakan oleh KPU. Untuk itu, yang sudah ada bahan kampanyenya, sebaiknya ditertibkan sendiri," ujar Bilfaqih kembali.
anes tumengkol