kumparan
6 Mei 2019 21:15

Pleno KPU, PKPI Masuk 3 Besar Parpol Terkuat di Kota Bitung

Ketua Umum PKPI, Diaz Hendropriyono
Meski tak lolos ke senayan karena tak mampu meraih total suara 4 persen nasional, Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), masih mampu membuktikan jika di tingkatan daerah, mereka bisa berbicara banyak.
ADVERTISEMENT
PKPI dalam Rapat Pleno Rekapitulasi dan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 yang diselenggarakan KPU Kota Bitung, masuk di 3 besar partai terkuat di kota pelabuhan tersebut.
Berbekal 14.691 suara, PKPI mampu unggul dari beberapa partai besar seperti Golkar, Demokrat dan Gerindra. PKPI sendiri hanya kalah dari PDI Perjuangan yang meraih 26.832 suara dan Partai Nasdem yang meraih 22.516 suara.
Dengan perolehan suara ini, PKPI dipastikan bakal duduk sebagai pimpinan DPRD Manado, karena berhasil meraih 5 kursi parlemen. Adapun PDIP berhasil meraih 8 kursi dan Nasdem mendapatkan 7 kursi. DPRD Kota Bitung sendiri memiliki 30 kursi parlemen.
Tak hanya PKPI yang mampu bersaing, fenomena unik juga terjadi di DPRD Kota Bitung. TIga pimpinan DPRD periode sebelumnya, semuanya tidak lagi dipercaya masyarakat. Laurensius Supit dari PKPI, Yulita Takalamingan dari Demokrat, serta Jerry Lengkong dari PDIP, semuanya kalah di daerah pemilihannya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Ketua KPU Bitung, Deslie Sumampouw mengatakan jika pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar tahapan penetapan calon terpilih.
"Semuanya sah jika sudah ada pleno penetapan. Tapi, untuk hasil suara sudah di plenokan," kata Sumampouw, Senin (6/5).
marcelino t
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan