News17 September 2020 17:08

Tes CPNS Sitaro: Sekda Ingatkan Peserta Lulus Harus Tulus Mengabdi

Konten Redaksi Manado Bacirita
Tes CPNS Sitaro: Sekda Ingatkan Peserta Lulus Harus Tulus Mengabdi (68623)
Suasana tes CPNS Kabupaten Sitaro
SITARO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Herry Bogar, mengingatkan kepada seluruh peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang nantinya dinyatakan lulus, harus mengabdi di Kabupaten Sitaro dan tidak meminta untuk pindah ke daerah lain usai dinyatakan lulus.
ADVERTISEMENT
Menurut Bogar, hal ini harus disampaikannya, karena banyak pengalaman yang ditemui, PNS yang diterima di Sitaro, belum lama mengabdi sudah langsung meminta untuk pindah daerah dengan berbagai alasan. Padahal, dalam aturannya, para PNS diterima untuk mengabdi di daerah tempat mereka lulus sebagai PNS.
"Jangan sampai setelah lulus CPNS, kemudian PNS, dan tidak sampai setahun sudah 'mengasap', atau sudah mengajukan permohonan pindah. Padahal dalam ketentuan tidak seperti itu. Ini harus dipertegas sejak awal," ujar Bogar.
Untuk itu, Bogar mengimbau kepada para peserta CPNS, agar supaya belajar untuk memahami kondisi wilayah, memahami sosial budaya daerah, termasuk dengan psikologis masyarakat Sitaro, sehingga ketika sudah akan bertugas di wilayah kepulauan ini, tidak kaget dengan situasi dan mampu bertahan di daerah.
ADVERTISEMENT
"Saya sampaikan dari awal, jadi PNS di Sitaro, wilayah kepulauan itu memang berat. Makanya, harus cepat menyesuaikan diri dan belajar budaya daerah, agar ketika bekerja sudah bisa beradaptasi dengan baik. Ini pesan saya, karena tidak boleh ada PNS yang buru-buru minta pindah ke daerah lain," kata Bogar kembali.
Sekadar diinformasikan, Rabu (16/9) kemarin, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro Formasi 2019 telah berlangsung. Tes SKB tersebut dilaksanakan di Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional XI Manado.
franky salindeho
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white