kumparan
News19 Maret 2020 20:04

TMMD 107 Kodim 1303/Bolmong di Bolsel Bangun Berbagai Infrastruktur Desa

Konten Redaksi Manado Bacirita
tmmd kodim bolmong di bolsel.jpg
Kodim 1303/Bolmong menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 107 di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (foto: istimewa)
Satuan Penugasan (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 107 Kodim 1303/Bolmong, sejak Senin (16/3) melakukan rangkaian kegiatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Sejumlah kegiatan tersebut diantaranya membantu masyarakat membangun sejumlah infrastruktur.
ADVERTISEMENT
Diawali dengan kegiatan pembangunan pagar Masjid Al'ihd-Dar Desa Mataindo Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Selasa (17/3).
Pada kesempatan itu, Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono S.Sos mengatakan pelaksanaan program pembangunan insfrastruktur, seperti pagar Masjid diharapkan memberi kenyamanan masyarakat dalam beribadah.
"Kita ingin masyarakat benar-benar merasakan kegunaan dari kegiatan TMMD ini. Semua program nantinya akan kita laksanakan satu per satu," tutur Cahyono.
tmmd kodim bolmong di bolsel1.jpg
Pembangunan pagar masjid Al'ihd-Dar Desa Mataindo Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan menjadi salah satu program TMMD 107 Kodim 1303/Bolmong (foto: istimewa)
Sementara itu, tidak hanya satu titik saja pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan dalam kegiatan TMMD ini. Beberapa titik sasaran fisik di Kabupaten Bolsel sudah direncanakan dan dilaksanakan secara serentak oleh tim Satuan Tugas.
Wakil Komandan satgas TMMD, Mayor Inf Abdul Kadir Sampir menjadi salah satu pihak yang memastikan jika titik sasaran fisik TMMD 107 Kodim 1303/Bolmong 107 ini, berjalan sesuai dengan rencana.
ADVERTISEMENT
Bahkan, Pamen TNI ini tidak canggung untuk terlibat langsung dalam kegiatan fisik TMMD, sekaligus memberikan semangat kepada anggotanya untuk tidak kendur dalam menjalankan amanah rakyat.
Walaupun harus berjalan kaki ke daerah-daerah yang menjadi titik sasaran fisik, Mayor Inf Abdul Kadir Sampir, tetap bersemangat untuk meninjau lokasi secara langsung.
“Alhamdulillah pencapaian pelaksanaan TMMD sampai saat ini masih sesuai progresnya. Kita optimis akan selesai sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” tutur Sampir.
Sementara itu, dukungan terhadap kegiatan TMMD 107 Kodim 1303/Bolmong ini terus berdatangan. Sangadi Mataindo, Ridwan Arif bahkan terjun langsung membantu pengerjaan pembangunan pondasi pagar Masjid Al'idh-Har.
"Kami bersama masyarakat Desa Mataindo sangat mendukung program TMMD di Desa kami, Berkat TMMD 107 desa kami bisa lebih maju," ujar Arif.
ADVERTISEMENT
"Untuk itu kami bersama masyarakat Desa Mataindo semua ikhlas dan rela membantu anggota Satgas TMMD sampai dengan pengerjaan sasaran fisik selesai," dirinya menambahkan.
tmmd kodim bolmong di bolsel2.jpg
Tak hanya dari masyarakat, dalam rangka menyukseskan Program TMMD 107 Kodim 1303/Bolmong, pasukan TNI Angkatan Laut (AL) ikut ambil bagian. Sebanyak empat orang anggota, ikut membantu pembangunan talud di Desa Mataindo Kecamatan Pinolosian Tengah.
Pasukan TNI Angkatan Laut sebanyak 4 orang ini dipimpin oleh Peltu KOM Stevanus Fernandes. Selama giat TMMD ini mereka bergabung dengan Kodim 1303 Bolmong dan mereka juga membantu masyarakat dalam kegiatan sosial lainnya.
”Yang kami lakukan antara lain pembangunan talud, rehab rumah tidak layak huni (RTLH), dan pembuatan pagar Masjid Al'idh-Har,” ujar Peltu Stevanus yang kesehariannya menjabat sebagai Ka Plug A Satkom Lantamal VIII.
ADVERTISEMENT
Sementara, sejumlah masyarakat mengaku sangat senang dengan kegiatan TMMD yang dilaksanakan di daerah mereka. Ahmad (47) salah seorang warga Desa Mataindo merasa senang dengan adanya program TMMD ini. Dia berharap pembangunan talud ini bisa mencegah longsor saat banjir terutama musim penghujan.
”Sekarang kampung kami ramai karena banyak Satgas TMMD dari TNI. Suasana semakin akrab,” tutur Ahmad.
manadobacirita
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan